IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMANT DIVISION) TERINTEGRASI MEDIA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

Racmayati, Taniya (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMANT DIVISION) TERINTEGRASI MEDIA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4133331001 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4133220005 LEMBAR PENGESAHAN ok.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4133331001 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4133331001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4133331001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4133331001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4133331001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4133331001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4133331001 BAB 1.pdf - Published Version

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4133331001 BAB V.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa serta hubungan antara aktivitas dengan hasil belajar yang dilakukan terhadap siswa kelas XI MIA MAN 1 Medan yang terdiri dari total 8 (delapan) kelas. Sampel ditetapkan dengan random sampling yakni mengambil 3 kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Pengambilan data untuk hasil belajar siswa diperoleh instrumen yang valid sebanyak 20 soal dan reliabel (0,928). Sedangkan data untuk aktivitas siswa diperoleh menggunakan data instrumen yang telah valid. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terintegrasi media Macromedia Flash, Audio-Visual (Video), dan Powerpoint, data yang diperoleh : Fhitung > Ftabel yakni Fhitung = 11,89 dengan Ftabel = 1,113. Untuk media yang lebih baik adalah Kooperatif Tipe STAD terintegrasi Macromedia Flash dibandingkan kedua media lainnya yakni Macromedia Flash > Audio-Visual (Video) > Powerpoint dengan rata-rata nilai yang diperoleh : 82,5 > 75,33 > 73,33. Implemetasi model pembelajaran kooperatif Tipe STAD terintegrasi media Macromedia Flash, Audio-Visual (Video), dan Powerpoint dapat menumbuh meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam materi kelarutan dan hasil kali kelarutan, maka didapat hubungan antara aktivitas dengan hasil belajar yakni model kooperatif tipe STAD terintegrasi Macromedia Flash = 15,2%, Audio-Visual (Video) = 14,22%, dan Powerpoint = 13,2%, sisanya dipengaruhi variabel yang lain. Kesimpulan dari penelitian ; ada perbedaan hasil belajar kimia menggunakan model kooperatif tipe STAD terintegrasi media serta adanya hubungan antara aktivitas dengan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSurajat, Ajat19640625 199003 1 003
Call Number: SK-2017 KIM 136
Keywords: Macromedia Flash, Audio-Visual (Video), Powerpoint, Student Teams Achievement Division, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Aug 2017 10:05
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25196

Actions (login required)

View Item View Item