PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 NA IX-X AEK KOTA BATU KABUPATEN LABUHAN BATU

Batubara, Efira Andiyani (2009) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA NEGERI 1 NA IX-X AEK KOTA BATU KABUPATEN LABUHAN BATU. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 055020355 - Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 055020355 - Abstark.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 055020355 - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 055020355 - Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 055020355 - Bab V.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 055020355 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran sains teknologi masyarakat dengan pendekatan konvensional, (2) perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang memiliki kreativitas tinggi dan kreativitas rendah, (3) apakah ada interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kreativitas tehadap hasil belajar biologi.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri I NA IX-X Aek Kota Batu Kabupaten Labuhanbatu. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 198 orang. Pengambilan dilakukan dengan cluster random sampling sejumlah 80 orang yang terdiri dari 40 orang siswa kelas X1 untuk pendekatan sains teknologimasyarakat dan 40 orang siswa kelas X , untuk pendekatan konvensional.Sebelum perlakuan diberikan, terlebih dahulu sampel penelitian diberikan tes kreativitas untuk membedakan jenis kreativitas yang dimiliki oleh siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial menggunakan Anava dua jalur dengan taraf signifikansi a = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas.Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran STM lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional dengan Fhitung = 6,63 > Ftabel = 3,97 pada taraf signifikan a = 0,05; (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar biologi siswa yang memiliki kreativitas tinggi dengan siswa yang memiliki kreativitas rendah dengan Fhitung = 4,59 > Ftabel = 3,97 pada taraf signifikan a = 0,05; dan (3) terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kreativitas dalam mempengaruhi hasil belajar biologi siswa dengan Fhitung = 516,66 > Ftabel = 3,97 pada taraf signifikan a = 0,05. Hipotesis ini menunjukkan bahwa pendekatan saias teknologi masyarakat lebih baik daripada pendekatan konvensional dalam meningkatkan hasil belajar biologi, dan siswa yang memiliki kreativitas tinggi akan memperoleh hasil belajar yang lebih baik dibangdingkan siswa yang memiliki kreativitas rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSibuea, Abdul Muin195810081981031002
Thesis advisorHamid K, Abdul195802221981031001
Call Number: 371.3 Bat p
Keywords: Kreativitas, Hasil Belajar; Biologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2515

Actions (login required)

View Item View Item