PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS COOPERATIVE LEARNING UNTUK MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD

Larasati, Novi (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS COOPERATIVE LEARNING UNTUK MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan, Lembar Persetujuan dan Pernyataan tidak plagiat.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK B.Indonesia dan B.Inggris.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif yang layak digunakan, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2) untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan untuk pembelajaran IPA pada siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick dan Carey. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa usia SD dalam belajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) uji ahli materi IPA berada pada kualifikasi sangat sesuai (95,08 %), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat sesuai (93,96 %), (3) uji ahli rekayasa perangkat lunak dan desain grafis berada pada kualifikasi sangat sesuai (86,70 %), uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat sesuai (91,43 %), uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat sesuai (93,63 %), uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat sesuai (97.96%). Dengan demikian, pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran poster.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitumorang, Julaga195108201978031002
Thesis advisorTambunan, Hamonangan196212031987031002
Call Number: 372.357 Lar p
Keywords: Hasil belajar; Pembelajaran IPA; Pembelajaran kooperatif; Media pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 31 Jul 2017 10:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25074

Actions (login required)

View Item View Item