PENGARUH PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI METABOLISME KARBOHIDRAT TERHADAP MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA

Hasibuan, Desy Rahmayanti (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA MATERI METABOLISME KARBOHIDRAT TERHADAP MOTIVASI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8156141002 COVER.PDF - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8156141002 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8156141002 ABSTRAK.PDF - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8156141002 KATA PENGANTAR.PDF - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8156141002 DAFTAR ISI.PDF - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8156141002 DAFTAR TABEL.PDF - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8156141002 DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8156141002 DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8156141002 BAB I.PDF - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 8156141002 BAB V.PDF - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 8156141002 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (154kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran interaktif berbasis web terhadap motivasi dan kemandirian belajar mahasiswa. Materi pembelajaran pada penelitian ini adalah metabolisme karbohidrat. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research) yang bersifat deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling di jurusan kimia Unimed. Sampel yang diujicobakan sebanyak 31 orang mahasiswa semester 4. Hasil yang dilihat diperoleh dari data angket motivasi, kemandirian belajar dan respon mahasiswa terhadap pembelajaran berbasis web. Selanjutnya hasil belajar diperoleh dari data evaluasi (pretes-postes), tugas mahasiswa, nilai formatif. Soal yang digunakan sebanyak 15 soal multiple choice dan soal yang terlebih dahulu divalidasi. Hasil yang diperoleh adalah motivasi 45.16% tergolong kategori tinggi, kemandirian belajar 32.26% tergolong kategori tinggi, dan respon mahasiswa terhadap pembelajaran berbasis web sebesar 51.61% tergolong kategori tinggi. Sedangkan dari hasil belajar rata-rata nilai pretes 30.90 dan postes 84.41, nilai tugas LKM rata-rata 78.60, CBR rata-rata 89.19, CJR rata-rata 80.65, nilai formatif rata-rata 87.78.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRiris, Ida Duma195806291980112001
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Call Number: 540.071 1 Has p
Keywords: Pembelajaran interaktif berbasis web; Metabolisme karbohidrat; Motivasi; Belajar mandiri
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Jul 2017 10:25
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25040

Actions (login required)

View Item View Item