PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Gultom, Senny Pintauli (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM. 8116121032 COVER.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM. 8116121032 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM. 8116121032 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM. 8116121032 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM. 8116121032 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM. 8116121032 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM. 8116121032 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM. 8116121032 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM. 8116121032 BAB I.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM. 8116121032 BAB V.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM. 8116121032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan metode pembelajaran penemuan terbimbing dan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran ekspositori, mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa dengan gaya berpikir sekuensial abstrak dan siswa dengan gaya berpikir sekuensial konkrit, mengetahui apakah ada interaksi antara metode pembelajaran dengan gaya berpikir dalam mempengaruhi hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, sedangkan sampel diambil sebanyak 2 kelas secara cluster random sampling. Penelitian dilakukan pada semester 3 tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksprimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Gaya berpikir siswa diukur dengan menggunakan tes baku yang dirancang oleh Tellier. Tes hasil belajar matematika menggunakan tes berbentuk pilihan berganda sebanyak 45 butir soal dan memiliki reliabilitas 0,868 menggunakan rumus KR-20. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran penemuan terbimbing memiliki hasil belajar matematika yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 13,68 > Ftabel = 4,06 pada taraf signifikan α = 0,05. Siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak memiliki hasil belajar matematika yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial konkret. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 20,19> Ftabel = 4,06 pada taraf signifikan α = 0,05, dan terdapat interaksi antara metode pembelajaran dengan gaya berpikir terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 10,12 > Ftabel = 4,06 pada taraf signifikan α = 0,05, dengan dk (1:44). Uji lanjut menggunakan uji Scheffe yang membuktikan bahwa siswa yang menggunakan metode pembelajaran penemuan terbimbing memperoleh hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran ekspositori. Sedangkan siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak memperoleh hasil belajar matematika lebih tinggi jika diajar dengan metode pembelajaran penemuan terbimbing dibanding dengan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSibuea, Abdul Muin195810081981031002
Thesis advisorSukirno, 195401211987031001
Call Number: 510.071 9 Gul p
Keywords: Metode Pembelajaran; Gaya Berpikir; Hasil belajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 24 Jul 2017 11:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24982

Actions (login required)

View Item View Item