PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLAME BASED LEARNING DAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN BANTUAN MEDIA KARTU TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KIMIA

Hasibuan, Siti Rohaniah (2017) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLAME BASED LEARNING DAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN BANTUAN MEDIA KARTU TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI TATA NAMA SENYAWA KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4133331006 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4133331006 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4133331006 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4133331006 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4133331006 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4133331006 TABLESpdf.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4133331006 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4133331006 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4133331006 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4133331006 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4133331006 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Kooperatif Tipe NHT dengan bantuan Media Kartu terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Pada Materi Tata Nama Senyawa Kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 5 Binjai. Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan cara sampling purposif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal yang sudah valid dan reliabel dengan rtabel =0,339. Dari hasil penelitian, untuk kelas eksperimen 1 diperoleh nilai rata-rata postest adalah 82,916 dan untuk kelas eksperimen 2 adalah 74,791. Data hasil kelompok sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis pada hasil belajar diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,664 > 2,014 pada taraf signifikan α – 0,05 dan db = 46 yang berarti Ha diterima. Penilaian Aktivitas siswa dilihat dari pada kelas eksperimen 1 mendapat rata-rata sebesar 76,822 dan kelas eksperimen 2 sebesar 66,927. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,014 > 2,014 yang berarti Ha diterima. Kemudian pada uji korelasi antara hasil belajar dan aktivitas siswa diperoleh rhitung kelas eksperimen 1 = 0,681 dan rhitung eksperimen 2 = 0,701 sedangkan rtabel sebesar 0,404. Karena rhitung > rtabel maka Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa yang di ajar melalui model pembelajaran Probelem Based Learning dengan media Kartu dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang di ajar melalui model pembelajaran Kooperatif tipe NHT dengan media Kartu serta ada korelasi positif antara hasil belajar dan aktivitas siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasution, Hafni Indriati195809241984031002
Call Number: SK-2017 KIM 092
Keywords: Problame Based Learning; Kooperatife Tipe NHT; Media Kartu; Hasil Belajar; Aktivitas Siswa dan Tata Nama Senyawa Kimia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 24 Jul 2017 11:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24981

Actions (login required)

View Item View Item