PENINGKATAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA I MEDAN (PENELITIAN TINDAKAN)

Susmaini, (2007) PENINGKATAN KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI TAMAN KANAK-KANAK NEGERI PEMBINA I MEDAN (PENELITIAN TINDAKAN). Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 055020367 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (892kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 055020367 Abstrak.pdf - Published Version

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 055020367 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 055020367 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 055020367 Bab V.pdf - Published Version

Download (851kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 055020367 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (529kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk menerapkan pendekatan pembelajaran tematik dalam rangka meningkatkan kreativitas dan kemampuan membaca anak. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam 3 (tiga siklus), pada siklus pertama tema yang diusung adalah pekerjaan dengan waktu pelaksanaan pembelajaran selama 3 (tiga) minggu, siklus kedua tema yang diusung adalah air, udara dan api dengan waktu pelaksanaan pembelajaran selama 2 (dua) minggu dan siklus ketiga tema yang diusung adalah alat komunikasi dengan waktu pelaksanaan pembelajaran selama 2 (dua) minggu. Setiap siklus penelitian terdiri atas tahapan kegiatan rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.Jumlah partisipan dalam pelaksanaan penelitian berjumlah 23 anak siswa Taman Kanak-Kanak Pembina I Medan. Pada pelaksanaan- dilibatkan 1 (satu) guru mitra dan satu guru bantu sebagai kolaborator yang bersama-sama dengan peneliti bertindak sebagai pengamat di dalam kelas. Untuk mengukur tingkat kreativitas pada awal tindakan maupun pada akhir tindakan dilakukan Web Tim Psikolog dengan mengambil tes kreativitas bentuk figural dari Torrance, sedangkan untuk mengukur tingkat kemampuan membaca pada awal tindakan maupun pada akhir tindakan dilakukan oleh guru mitra bekerjasama dengan peneliti.Secara umum analisis data penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan analisis kualitatif yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik yang dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina I Medan, sedangkan secara khusus untuk mengukur perbedaan hasil tes awal dengan hasil tes akhir balk pada aspek kreativitas dan kemampuan membaca anak digunakan analisis statistik t-tes pada taraf signifikansi α = 0,05.Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran tematik yang dilakukan melalui permainan bervariasi dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan membaca siswa. Hal ini terlihat dari meningkatnya persentase siswa yang memiliki kreativitas dan kemampuan membaca dari siklus ke siklus jika pada siklus pertama persentasenya 56% rnaka pada siklus kedua meningkat menjadi 70% kemudian pada siklus ketiga mencapai 87%. Fakta tersebut didukung hasil pengujian statistik t-test dimana untuk kreativitas, harga t hitung = 13,36 dan harga t tabel = 1,72 sedangkan untuk kemampuan membaca, harga t hitung = 6,66 dan harga t tabel 1,72.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDBadiran, Muhammad194410301976031001
UNSPECIFIEDZainuddin, 195503071984031001
Call Number: 372.7 Sus p
Keywords: Kreativitas; Pembelajaran Tematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2498

Actions (login required)

View Item View Item