KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DI SMA KATOLIK TRI SAKTI MEDAN

Bagariang, Agustina br. (2008) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DI SMA KATOLIK TRI SAKTI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 055030559 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1. 055030559 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview
[thumbnail of 2. 055030559 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. 055030559 Abstrak.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 3. 055030559 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3. 055030559 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 4. 055030559 Bab I.pdf]
Preview
Text
4. 055030559 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5. 055030559 Bab V.pdf]
Preview
Text
5. 055030559 Bab V.pdf - Published Version

Download (465kB) | Preview
[thumbnail of 6. 055030559 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6. 055030559 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan usaha kepala sekolah dalam memotivasi guru-guru untuk meningkatkan kinerjanya, mengetahui interaksi sosial melalui komunikasi personal kepala sekolah dengan guru-guru, pegawai, dan siswa di SMA Katolik Tri Sakti Medan.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif naturaIistik dengan teknik triangulasi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi/pengamatan ke lapangan, dan studi dokumentasi.Has penelitian ini mengung,kaplcan aspek-aspek kepernimpinan transformasional yang dilakukan oleh kepala sekolah melalui pemberian motivasi, menjalin interaksi sosial melalui komunikasi personal, dan pengembangan organisasi melalui kerjasama tim untuk menigkatkan mute pendidikan sekolah di SMA Katolik Tri Sakti dengan melibatkan pars guru-gum, pegawai, dan juga para siswa. Dalam penelitian ini diungkapkan usaba-usahafupaya-upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam membawa sekolah menuju ke suatu penibahardpernbaharuan ke arah yang lebih baik. Keterbukaan dan pemberian kepereay, aan, keteladanan, pemberian penghargaan dan kesempatan untuk mengikuti pendidikan lebih tinggi, diktat, lokakarya, dan seminar untuk peninekatan pengetabu.an, pembinaan robani, kerarnahan, menerima orang apa adanya, memberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan di Juan jam sekolah yang diselenggarakan oleh pihak lain, menjelaskan visi dan misi, dan membangun kerjasama yang baik.Dalam menjalankan mgas kepemimpinan transformasional guna membawa perubahan ke arah yang lebih balk di SMA Katolik Tri Sakti Medan ini, kepala sekolah dihadapkan kepada berbagai realita yang kadang-kadang tidak mern,enangkart, antara lain adanya anggapan bahwa kepala sekolah kurang mampu mengambil tindakan tegas terhadap guru-guru dan pegawai yang kurang disiplin, pemenuhan untuk melengkapi fasilitas sekolah yang terkesan lambat karena selalu harus koordinasi dengan yayasan, adanya beberapa tenaga kependidikan yang sulit diajak kerjasarna Akan tetapi dengan sikap kepala sekolah yang memiliki kesabaran.keterbukaan,kemauan ntuk mengevaluasi kekurarigannyaikelemahanya sekaligus memperbaikinya, dan berusaha untuk menjalin komunikasi secara terbuka untuk mencari solusi atas permasalahan yang ada, serta mampu menerima orang apa adanya mernbuat kepala sekolah marnpu mengatasi pengalaman-pengalaman yang tidak mengenakkan itu, sehingga dalam menjalankan kepemimpinannya untuk membawa perubahan ke arab yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 378.111 Bag k
Keywords: Transformasional; Motivasi kerja; Kependidikan; Organisasi; Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 11 Jun 2016 05:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2495

Actions (login required)

View Item
View Item