PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN KARAKTER SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI KELAS X AP SMK TAMAN SISWA MEDAN T.P 2016/2017

Sitepu, Wanti Lonika (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN KARAKTER SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI KELAS X AP SMK TAMAN SISWA MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7131141123 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7131141123 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7131141123 PREFACE.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7131141123 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7131141123 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7131141123 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7131141123 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7131141123 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7131141123 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7131141123 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7131141123 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah tentang rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Kearsipan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh model Jigsaw dan karakter siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan di kelas X AP SMK Taman Siswa T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X AP SMK Taman Siswa Medan T.P 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X AP SMK Taman Siswa Medan yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 83 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas X AP-1 sebagai kelas control dengan jumlah 26 siswa dan X AP-2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 26 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposife sampling. Instrument atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dan angket sebanyak 20 pernyataan yang terlebih dahulu telah diuji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran tes dan uji daya beda tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan Analisis varian dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Pertama, bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan pembelajaran Jigsaw lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional yang ditunjukkan dari hasil hipotesis dimana nilai Fhitung = 37,211 > Ftabel = 3,422 dengan nilai signifikan α = 0,05. Kedua, hasil belajar siswa yang memiliki karakter siswa baik lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang memiliki karakter siswa kurang baik atau terdapat pengaruh karakter siswa terhadap hasil belajar siswa yang diperoleh dari hipotesis kedua Fhitung = 5003,464 > Ftabel = 3,422 dengan nilai signifikan α = 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh model pembelajaran Jigsaw dan karakter siswa terhadap hasil belajar kearsipan yang diperoleh dari hipotesis ketiga, Fhitung = 46,801 > Ftabel = 3,422 dengan nilai signifikan α = 0,05 atau terdapat pengaruh model pembelajaran Jigsaw dan karakter siswa terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, diupayakan agar guru dalam pembelajaran kearsipan menerapkan model pembelajaran Jigsaw dan berupaya meningkatkan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorManullang, Ratna195512211978032002
Thesis advisorMutmainnah, Sri196901161993032002
Call Number: SK-2017 ADP 019
Keywords: Model Pembelajaran Jigsaw; Karakter Siswa; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Jul 2017 15:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24883

Actions (login required)

View Item View Item