PENGARUH PENGALAMAN PPL DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2013 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Sitorus, Monalisa (2017) PENGARUH PENGALAMAN PPL DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2013 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7133141070 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7133141070 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7133141070 PREFACE.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7133141070 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7133141070 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7133141070 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7133141070 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7133141070 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7133141070 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7133141070 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7133141070 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya minat menjadi guru pada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2013 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengalaman PPL dan lingkungan keluarga secara parsial dan simultan terhadap minat mnejadi guru pada mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2013 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2013 yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 170 mahasiswa, jumlah sampel adalah 119 dengan teknik pengambilan sampel proporsional random sampling dan cluster. Teknik pengumpulan data pengalaman PPL, lingkungan keluarga dan minat menjadi guru diperoleh dengan menggunakan angket. Uji Validitas untuk analisis ini buitr angket menggunakan rumus Pearson Product Moment dan Uji Reabilitas angket diperoleh dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha. Untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan analisis regresi linier berganda, uji t/ parsial, uji F/ simultan dan uji Koefisien determinasi. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 20,00 diperoleh persamaan regresi linier berganda Y=9,701+0,169X_1+0,513X_2. Selanjutnya koefisien determinasi diperoleh R Square sebesar 0,497 yang berarti sebesar 49,7% variabel X1 dan X2 memberikan sumbangan pengaruh terhadap minat menjadi guru. Berdasarkan Uji t diperoleh bahwa masing-masing X1 dan X2 berpengaruh positif dan signifian terhadap minat menjadi guru. Variabel X1 diperoleh thitung > ttabel (2,792 > 1,658) dan Variabel X2 diperoleh thitung > ttabel (5,773 > 1,658). Sedangkan untuk Uji F diperoleh hasil bahwa secara simultan vraiabel X1 dan X2 berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru (Y) dengan nilai Fhitung > Ftabel (57,298 > 2,68).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMaipita, Indra19710403 20012 1 003
Call Number: SK-2017 EKO 015
Keywords: Pengalaman PPL; Lingkungan Keluarga; Minat menjadi guru
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Jul 2017 10:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24856

Actions (login required)

View Item View Item