PENGARUH PERMAINAN MODIFIKASI BOLA KASTI TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AR-RAHMAN KWALA BINGAI STABAT T.A. 2016-2017

Nisa, Khairatun (2017) PENGARUH PERMAINAN MODIFIKASI BOLA KASTI TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AR-RAHMAN KWALA BINGAI STABAT T.A. 2016-2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. COVER KHAIRATUNNISA (NIM 1132113014).pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. LEMBAR PERSETUJUAN KHAIRATUNNISA (NIM 1132113014).pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. ABSTRAK KHAIRATUNNISA (NIM 1132113014).pdf - Published Version

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. KATA PENGANTAR KHAIRATUNNISA (NIM 1132113014).pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI KHAIRATUNNISA (NIM 1132113014).pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. DAFTAR TABEL KHAIRATUNNISA (NIM 1132113014).pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. DAFTAR GAMBAR KHAIRATUNNISA (NIM 1132113014).pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. DAFTAR LAMPIRAN KHAIRATUNNISA (NIM 1132113014).pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. BAB I KHAIRATUNNISA (NIM 1132113014).pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V KHAIRATUNNISA (NIM 1132113014).pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA KHAIRATUNNISA (NIM 1132113014).pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Metodepenelitian ini termasuk penelitian kuantitatif (eksperimen) yaitu Pre-Experimental Designs dengan bentuk One-Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak di kelas B TK Ar-Rahman Kwala Bingai Stabat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel sebanyak 10 anak yaitu sebelum perlakuan (O1) yang dilakukan satu kali dalam seminggu dan belum menggunakan unsur modifikasi permainan dan sesudah perlakuan (O2) yang dilakuakn dua kali dalam seminggu dan sudah menggunakan unsur modifikasi permainan.Penentuan sampel dilakukan secara Purposive dengan jumlah setiap sampel kelas sebanyak 10 anak. Variabel bebas adalah permainan modifikasi bola kasti sedangkan variabel terikat adalah perkembangan motorik kasar anak. Intrumen pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Analisis data menggunakan uji-t. Dan observasi dilakukan pengobservasi dengan pedoman observasi yang telah disediakan. Dengan taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas ssudah perlakuan (eksperimen) 18,00 dengan nilai tertinggi 7 dan nilai terendah 4, sehingga perkembangan motorik kasar anak memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas sebelum perlakuan11,67 dengan nilai tertinggi 6 dan nilai terendah 2, sehingga perkembangan motorik kasar anak memperoleh perbedaan yang signifikan.Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan permainan modifikasi bola kasti berpengaruh secara signifikan terhadap perkembangan motorik kasar anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung> ttabel yaitu 3,28 >1,73 pada taraf α = 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan permainan modifikasi bola kasti dapat mempengaruhi perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di di TK Ar-Rahman Kwala Bingai Stabat T.A. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNurmaniah, 195609141980032002
UNSPECIFIEDMarbun, Sariana196103271986012002
Call Number: SK-2017 PAUD 042
Keywords: Permainan; Modifikasi; Motorik Kasar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Jul 2017 10:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24847

Actions (login required)

View Item View Item