GAYA HIDUP DAN PERILAKU KONSUMTIF DI KALANGAN MAHASISWA (STUDI DESKRIPTIF MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MEDAN)

Simanjuntak, Jenny Melisa (2015) GAYA HIDUP DAN PERILAKU KONSUMTIF DI KALANGAN MAHASISWA (STUDI DESKRIPTIF MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MEDAN). Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB I.pdf - Published Version

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 BAB V.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya hidup dan perilaku konsumtif mahasiswa/i Fakultas ILmu Sosial; untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan munculnya gaya hidup konsumtif di kalangan mahasiswa/i; Untuk mengetahui perilaku mahasiswa dalam berpakaian; untuk mengetahui perilaku mahasiswa/i dalam barang-barang elektronik; dan untuk mengetahui perubahan pada mahasiswa yang memiliki gaya hidup konsumtif dalam bidang fashion (mode, gaya berpakaian) dan barang-barang elektronik. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dan diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara dan melakukan observasi langsung dengan delapan orang informan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial yang dipilih oleh penulis sebagai informan. Hasil penelitian Munculnya gaya hidup konsumtif pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial berhubungan dengan berbagai faktor. Faktor tersebut adalah sebagai beriku; keadaan atau pendapatan orang tua, kepribadian (perilaku), keinginan untuk mengikuti trend atau mode terbaru, pergaulan dengan orang-orang yang ada di lingkungan sekitar. Perilaku mahasiswa/I dalam terhadap fashion ataupun pakaian tidak hanya karena kualitas, harga, tapi juga karena warnanya yang menarik dan pada saat momen-momen tertentu. Perilaku mahasiswa/I terhadap alat-alat elektronik bukan karena handphone mereka sudah tidak dapat digunakan lagi, tapi kecenderungan membeli atau mengonsumsi barang-barang elektronik ini atas dasar kemajuan dan karena kecanggihan teknologi atau aplikasi-aplikasi yang di dalamnya sangat menarik perhatian mahasiswa/i. Gaya hidup konsumtif memiliki banyak pengaruh yang membawa perubahan pada mahasiswa, baik perubahan penampilan dan perilaku, perubahan pada penampilan tersebut adalah sebagai berikut; penampilan mahasiswa semakin rapi, mahasiswa lebih percaya diri, mahasiswa akan lebih mengenal dunia fashion dan mengikuti gaya yang ada sesuai dengan perkembangan zaman, mahasiswa tidak ketinggalan akan hal-hal baru yang ada disekitar yang berhubungan dengan fashion. Berdasarkan hasil penelitian, maka penulis menyimpulkan bahwa gaya hidup dan perilaku konsumtif mahasiswa/i adalah menggunakan produk-produk yang trend dan terbaru, yang sedang berkembang sesuai dengan kemajuan zaman, dan diminati oleh banyak orang, baik alat-alat elektronik maupun fashion (mode pakaian) yang selalu berkembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmal, Bakhrul Khail197505052000501101
Call Number: SK-2015 ANTRO 010
Keywords: Mahasiswa; Gaya hidup; Konsumtif
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 12 Jun 2017 04:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24714

Actions (login required)

View Item View Item