PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DI KELAS V-C SDN 101772 TANJUNG SELAMAT T.A 2014/2015

astuti, Sri Puji (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS DI KELAS V-C SDN 101772 TANJUNG SELAMAT T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1112111008 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1112111008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1112111008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1112111008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1112111008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1112111008 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1112111008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1112111008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1112111008 BAB I.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1112111008 BAB V.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1112111008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

pelajaran IPS. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi pokok Tokoh-Tokoh Persiapan Kemerdekaan di kelas V-C SDN 101772 Tanjung Selamat T.A 2014/2015. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana tiap siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah Siswa V-C SD Negeri 101772 Tanjung Selamat tahun ajaran 2014/2015 berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 12 siswa Laki-laki dan 16 siswa Perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pre tes dari 28 jumlah siswa terdapat 5 orang (17,90%) siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas sebesar 40 dan sebanyak 23 orang (82,10%) siswa yang tidak tuntas dalam belajar, selanjutnya pada siklus I, 16 orang (57,14%) siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 71,9 sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 12 orang (42,86%). Pada siklus II sebanyak 25 orang (89,3%) siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 87,4 dan 3 orang (10,7%) siswa yang tidak tuntas. Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok usaha tokoh-tokoh persiapan kemerdekaan di kelas V-C SD Negeri 101772 Tanjung Selamat T.A. 2014/2015. Sebagai tindak lanjut disarankan kepada guru untuk dapat merancang dan menggunakan model pembelajaran Word Square dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanihuruk, Akden195612311988031008
Call Number: SK-2015 PGSD 022
Keywords: Hasil Belajar, IPS, Model Pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Jun 2017 03:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24634

Actions (login required)

View Item View Item