PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 091438 GUNUNG BOSAR T. A 2014/2015

Ambarita, Josuanju (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 091438 GUNUNG BOSAR T. A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. JOSUANJU AMBARITA,1113111032, COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.JOSUANJU AMBARITA,1113111032,LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (828kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.JOSUANJU AMBARITA,1113111032,ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.JOSUANJU AMBARITA,1113111032,KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.JOSUANJU AMBARITA,1113111032,DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.JOSUANJU AMBARITA,113111032,DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.JOSUANJU AMBARITA,113111032 -DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.JOSUANJU AMBARITA,113111032 -DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.JOSUANJU AMBARITA,1113111032, BAB-I.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.JOSUANJU AMBARITA,1113111032,BAB-V.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.JOSUANJU AMBARITA,1113111032,DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) materi peristiwa alam. Beberapa masalah yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa yaitu model yang digunakan guru dalam mengajar masih monoton dan tidak bervariasi, siswa lebih banyak mendengarkan dan pasif dalam proses pembelajaran, siswa cenderung mengantuk dan tidak tertarik dengan pelajaran IPA, siswa kurang memahami konsep dasar IPA. Dengan demikian rumusan masalah pada penelitian ini adalah “apakah penerapana model pembelajaran Time Token Arends pada siswa kelas V SD Negeri 091438 Gunung Bosar dapat meningkatkan hasil belajar siswa”. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran time token arends dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 091438 Gunung Bosar TA 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 091438 Gunung Bosar yang berjumlah 34 siswa. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, siklus I dansiklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti melakukan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pretest dari 34 siswa diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 6 siswa (17,64%) dengan rata – rata nilai 49,41dansebanyak 28 siswa (82,36%)belum tuntas. Pada siklus I sebanyak 19 siswa (55,98%) mendapat nilai tuntas dengan rata – rata nilai 64, 26, dan sebanyak 15 siswa (44,11) belum mendapat nilai tuntas. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 31 siswa (91,17%) dengan rata – rata nilai 81,17 dan sebanyak 3 siswa (8,83%) belum tuntas. Hasil observasi guru mengajar juga mengalami peningkatan, saat siklus I hanya 63,33% (cukup) dan mengalami peningkatan sebesar 31,67% pada saat siklus II menjadi 95%. Demikian juga hasil observasi siswa dari aspek kognitif dan afektif pada saat siklus I hanya memperoleh rata – rata nilai sebesar 51,27. Dan meningkat setelah diadakan siklus II menjadi 73,57. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Time Token Arends dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 091438 Gunung Bosar T.A 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorGultom, Ibrahim195707031986011001
Call Number: SK-2015 PGSD 021
Keywords: Hasil belajar, Model Pembelajaeran, Time Token
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Jun 2017 03:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24632

Actions (login required)

View Item View Item