PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DEPARTEMEN STUDI PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI (DSPI) FAKULTAS SASTRA USU DITINJAU DARI PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR PERPUSTAKAAN DAN LINGKUNGAN BELAJAR

Zainuddin, Zaslina (2008) PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DEPARTEMEN STUDI PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI (DSPI) FAKULTAS SASTRA USU DITINJAU DARI PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR PERPUSTAKAAN DAN LINGKUNGAN BELAJAR. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 015020094 - Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 015020094 - Abstrak.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 015020094 - Bab I.pdf - Published Version

Download (914kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 015020094 - Bab V.pdf - Published Version

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.015020094 - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (393kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubunganpemanfaatan sumber belajar perpustakaan dengan prestasi belajarmahasiswa, (2) mengetahui hubungan lingkungan belajar dengan prestasibelajar mahasiswa, dan (3) mengetahui hubungan pemanfaatan sumberbelajar perpustakaan dan lingkungan belajar secara bersama-sama denganprestasi belajar mahasiswa.Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitiankorelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswaprogram studi Si Departemen Studi Perpustakaan dan Informasi yangberjumlah 160 orang. Dari jumlah tersebut, yang menjadi sampel sebanyak50 orang diambil dengan menggunakan teknik proporsional stratifiedrandom sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalahdokumentasi dan kuiseoner. Dokumentasi digunakan untuk mendapatkandata tentang prestasi belajar mahasiswa, dan kuiseoner digunakan untukmendapatkan data tentang pemanfaatan sumber belajar perpustakaan danlingkungan belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisisstatistik deskriptif untuk menyajikan data, dan statistik inferensial untukmenguji hipotesis penelitian.Temuan Penelitian ini adalah: (1) Terdapat hubungan positifantara pemanfaatan sumber belajar perpustakaan dengan prestasi belajarmahasiswa melalui koefisien korelasi sebesar 0,678; (2) Terdapathubungan positif antara lingkungan belajar dengan prestasi belajarmahasiswa melalui koefisien korelasi sebesar 0,575; (3) terdapat hubunganyang positif antara pemanfaatan sumber belajar perpustakaan danlingkungan belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar mahasiswa, melalui koefisien korelasi ganda Ry.12 = 0,812. Koefisien determinasi. menunjukan hasil 0,660, hal ini berarti 66% variasi yangmempengaruhi prestasi belajar mahasiswa dapat dijelaskan olehpemanfaatan sumber belajar perpustakaan dan lingkungan belajar secarabersama-sama.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitompul, HarunUNSPECIFIED
Thesis advisorSibuea, Abdul MuinUNSPECIFIED
Call Number: 378.155 Zas p
Keywords: Lingkungan Belajar; Sumber Belajar
Subjects: L Education > LA History of education > LA173 Higher education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2461

Actions (login required)

View Item View Item