MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DI KELAS V SD N 101797 DELITUA INDUK TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Husaini, Lili (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE DI KELAS V SD N 101797 DELITUA INDUK TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1133311068_COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1133311068_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1133311068_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1133311068_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1133311068_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1133311068_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1133311068_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1133311068_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1133311068_BAB I.pdf - Published Version

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1133311068_BAB V.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1133311068_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah kemampuan menulis sisiwa pada Mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Menulis Teks Deskripsi akan meningkat melalui model Example Non Example di kelas V SD Negeri 101797 Delitua. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 101797 Delitua yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 15 perempuan dan 15 laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes kemampuan menulis siswa, dan observasi guru dan siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tes yang diberikan sebanyak 3 kali yaitu pretes, tes siklus I dan II, sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa. Pemberian tindakan dengan pembelajaran yang menggunakan model Example Non Example terdiri dari tes awal, pada siklus I, dan siklus II menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis teks deskripsi, dengan nilai rata-rata tes awal 50,34. Pada hasil post tes siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 62,63 dengan rentan peningkatan sebanyak 12,29 %. Pada hasil post tes siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 70,27 dengan rentan peningkatan mencapai 7,64%. Sementara hasil peningkatan juga terjadi pada kemampuan mengajar guru dimana pada hasil observasi pada siklus I sebesar 75,00% dan pada siklus II menjadi 88,63%, artinya terdapat peningkatan sebanyak 13,63% antara siklus I hingga siklus II, sedangakan observasi peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 75,45%, dan pada siklus II sebesar 81,81% artinya terjadi peningkatan sebesar 6,36% dari siklus I hingga siklus II. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan yaitu kemampuan siswa dalam menuliskan teks deskripsi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia akan meningkat melalui model Example non Example di kelas V SD Negeri 101797 Delitua T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanjuntak, Eva Betty19611026187032001
Call Number: SK-2017 PGSD 159
Keywords: Menulis, Teks Deskripsi, Model Example Non Example
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 May 2017 02:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24592

Actions (login required)

View Item View Item