KEMAMPUAN MEMBANDINGKAN ISI, STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DENGAN TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Munthe, Sarina (2017) KEMAMPUAN MEMBANDINGKAN ISI, STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DENGAN TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2133311072 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2133311072 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2133311072 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2133311072 PREFACE.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2133311072 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2123111072 TABLES.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2133311072 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2133311072 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2133311072 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 213331702 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan membandingkan teks eksplanasi kompleks dengan teks eksposisi oleh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan berdasarkan isi, struktur, dan ciri kebahasaannya. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 5 Medan yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah siswa 398 orang. Sampel penelitian ini diambil dengan cara random sampling yaitu kelas XI MIPA 8 yang berjumlah 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Instrumen yang digunakan untuk memperolah data adalah tes essay. Data penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam membandingkan teks ekplanasi dengan teks eksposisi memiliki nilai rata-rata (mean) 66 dan berada pada kategori cukup. Hal ini dapat dilihat dari rentang nilai 86-100 dengan kategori sangat baik diperoleh sebanyak 3 (7.5%) siswa. Kemudian sebanyak 7 (17.5%) siswa berada pada rentang 76-85 termasuk dalam kategori baik. Berikutnya, sebanyak 18 (45 %) berada pada rentang skor 56-75 termasuk dalam kategori cukup. Selanjutnya sebanyak 12 (30%) berada pada rentang skor 10-55 termasuk dalam kategori kurang. Dari data juga diperoleh nilai rata-rata setiap aspek penilaian, yaitu: (1) nilai membandingkan teks eksplanasi kompleks dengan teks eksposisi berdasarkan isi adalah 25,31 termasuk dalam kategori cukup, (2) nilai membandingkan teks eksplanasi kompleks dengan teks eksposisi berdasarkan struktur adalah 83,12 termasuk dalam kategori sangat baik, (3) nilai membandingkan teks eksplanasi kompleks dengan teks eksposisi bherdasarkan ciri kebahasaannya adalah 55,93 termasuk dalam kategori cukup

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorArif, Syamsul195911241986011002
Call Number: SK-2017 IND 043
Keywords: Membandingkan, Teks Eksplanasi Kompleks, Teks Eksposisi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 May 2017 08:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24572

Actions (login required)

View Item View Item