MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA KELAS V SD NEGERI 101765 BANDAR SETIA T.A 2016/2017

Naibaho, Sofi Alnora (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA KELAS V SD NEGERI 101765 BANDAR SETIA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1133311065_COVER.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1133311065_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1133311065_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1133311065_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1133311065_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1133311065_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1133311065_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1133311065_BAB I.pdf - Published Version

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 1133311065_BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1133311065_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

Masalah dan tujuan rumusan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 101765 Bandar Setia? Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model Contextual Teaching And Learning (CTL) pada mata pelajaran Matematika. Motivasi adalah suatu kondisi yang menyebabkan atau menimbulkan perilaku tertentu untuk melakukan sesuatu. Motivasi itu timbul bisa dari luar dan juga dari dalam diri sendiri atau disebut dengan motivasi ekstrinsik dan motivasi intrinsik. Contextual Teaching and Learning adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 28 orang siswa yang terdiri 14 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan SD Negeri 101765 Bandar Setia. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model Contextual Teaching and Learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi Pecahan pokok bahasan mengurutkan pecahan. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan observasi. Berdasarkan analisis data pada siklus I terlihat dalam data klasikal motivasi belajar 15 orang siswa masih tergolong kurang. Maka dilaksanakan siklus II dimana dalam data klasikalnya 25 siswa yang memiliki kategoti baik dan 3 orang yang berkategori cukup sehingga motivasi belajar siswa sudah baik. Jadi dapat terlihat dari pelaksanaan siklus pertama hingga siklus ke dua motivsi belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, disarankan pihak sekolah baik itu guru ataupun yang melaksanakan pengajaran pada materi pecahan matematika untuk menggunakan model pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTamba, Robenhart196111251987031003
Call Number: SK-2017 PGSD 156
Keywords: Model Contextual Teaching And Learning (CTL), Motivasi Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 May 2017 07:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24568

Actions (login required)

View Item View Item