MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA KELAS V SD NEGERI 101765 BANDAR SETIA T.A 2016/2017

Naibaho, Sofi Alnora (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA KELAS V SD NEGERI 101765 BANDAR SETIA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1133311065_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1133311065_COVER.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1133311065_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1133311065_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1133311065_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1133311065_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1133311065_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1133311065_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1133311065_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1133311065_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1133311065_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1133311065_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1133311065_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1133311065_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1133311065_BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1133311065_BAB I.pdf - Published Version

Download (504kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 1133311065_BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 1133311065_BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1133311065_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1133311065_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

Masalah dan tujuan rumusan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan
menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL)
dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di
kelas V SD Negeri 101765 Bandar Setia? Penelitian ini bertujuan Untuk
meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model Contextual
Teaching And Learning (CTL) pada mata pelajaran Matematika. Motivasi adalah
suatu kondisi yang menyebabkan atau menimbulkan perilaku tertentu untuk
melakukan sesuatu. Motivasi itu timbul bisa dari luar dan juga dari dalam diri
sendiri atau disebut dengan motivasi ekstrinsik dan motivasi intrinsik. Contextual
Teaching and Learning adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan
antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong
siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan
penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 28 orang
siswa yang terdiri 14 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan SD
Negeri 101765 Bandar Setia. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini
adalah penggunaan model Contextual Teaching and Learning dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi
Pecahan pokok bahasan mengurutkan pecahan. Penelitian ini adalah penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus setiap siklus terdiri dari 2
pertemuan dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu, perencanaan,
pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan
adalah angket dan observasi.
Berdasarkan analisis data pada siklus I terlihat dalam data klasikal
motivasi belajar 15 orang siswa masih tergolong kurang. Maka dilaksanakan
siklus II dimana dalam data klasikalnya 25 siswa yang memiliki kategoti baik dan
3 orang yang berkategori cukup sehingga motivasi belajar siswa sudah baik. Jadi
dapat terlihat dari pelaksanaan siklus pertama hingga siklus ke dua motivsi belajar
siswa meningkat.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan
menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, disarankan pihak sekolah
baik itu guru ataupun yang melaksanakan pengajaran pada materi pecahan
matematika untuk menggunakan model pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 156
Uncontrolled Keywords: Model Contextual Teaching And Learning (CTL), Motivasi Belajar Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 May 2017 07:49
Last Modified: 17 May 2017 07:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24568

Actions (login required)

View Item
View Item