PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI GENIUS LEARNING DAN QUANTUM LEARNING PADA MATERI PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI DIKELAS X PIIS SMA N 1 KABANJAHE T.A 2016/2017

Ibrahim, Muhammad Ali (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN STRATEGI GENIUS LEARNING DAN QUANTUM LEARNING PADA MATERI PENGETAHUAN DASAR GEOGRAFI DIKELAS X PIIS SMA N 1 KABANJAHE T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3123131040_COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3123131040_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3123131040_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 312313040_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 312313040_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 312313040_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 312313040_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 312313040_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 312313040_BAB I.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 312313040_BAB VI.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. NIM. 312313040_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan dari hasil belajar siswa PIIS kelas X SMA N 1 Kabanjahe yang menggunakan strategi Genius Learning dan Quantum Learning. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Kabanjahe pada tahun akademik 2016/2017, dengan jumlah populasi terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling dengan menentukan 2 kelas yang terdiri dari kelas eksperimen ( X PIIS 1 ) dan kelas kontrol ( X PIIS 2 ), sampel dipilih secara sengaja dengan pertimbangan tertentu. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah angket yang berupa tes pilihan berganda 20 item beserta lembar kerja siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik kuantitatif dengan uji t pada taraf sinifikan alpha 0,05. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar menggunakan strategi genius learning 83,71 dengan standar deviasi 6,182 dan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan strategi quantum learning 79,97 dengan standar deviasi 7,334. Pada hasil belajar diperoleh t = 2,266 dan ttabel = 1,669 dengan thitung > ttabel sehingga Ha diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitompul, Marlinang195511211980122001
Call Number: SK-2017 GEO 022
Keywords: Hasil belajar; Strategi genius learning; Strategi quantum learning
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 05 May 2017 08:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24515

Actions (login required)

View Item View Item