PERBEDAAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA ANTARA PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PEMBELAJARAN BIASA DI SMP SWASTA BUDI AGUNG MEDAN

Mazaly, Muhammad Rizky (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA ANTARA PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PEMBELAJARAN BIASA DI SMP SWASTA BUDI AGUNG MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8146172047 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8146172047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8146172047 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8146172047 PREFACE.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8146172047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8146172047 TABLE.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8146172047 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8146172047 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. 8146172047 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 8146172047 BILIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui perbedaan signifikan antara kemampuan spasial siswa yang diajar dengan pembelajaran kontekstual dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa, (2) Mengetahui perbedaan signifikan antara disposisi matematis siswa yang diajar dengan model kontekstual dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa, (3) Mengetahui apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan spasial siswa, (4) Mengetahui apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap disposisi matematis siswa, (5) Proses jawaban siswa pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta Budi Agung Medan yang berjumlah 345 siswa, dengan mengambil sampel dua kelas berjumlah 60 siswa. Analisis data dilakukan dengan Anava dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan spasial siswa yang diajar dengan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa, (2) Disposisi matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa, (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan spasial siswa, (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap disposisi matematis siswa, dan (5) Proses jawaban siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran kontekstual lebih lengkap dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAsmin, 195708041985031002
Thesis advisorSyahputra, Edi195701211989031001
Call Number: 510.071 Maz p
Keywords: Pembelajaran kontekstual; Spasial; Disposisi matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 04 May 2017 04:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24493

Actions (login required)

View Item View Item