PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPS BERBASIS BUDAYA BERBASIS BUDAYA LOKAL KELAS IV SD DI KECAMATAN WIH PESAM KABUPATEN BENER MERIAH

Aprilia, Rapita (2017) PENGEMBANGAN BUKU AJAR IPS BERBASIS BUDAYA BERBASIS BUDAYA LOKAL KELAS IV SD DI KECAMATAN WIH PESAM KABUPATEN BENER MERIAH. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM. 8156181024 COVER.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8156181024 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8156181024 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8156181024 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8156181024 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8156181024 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8156181024 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8156181024 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8156181024 BAB I.pdf - Published Version

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8156181024 BAB V.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM. 8156181024 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini Bertujuan untuk menghasilkan produk buku ajar IPS berbasis budaya lokal yang valid dengan tuntutan kurikulum maupun konteks lokal dan mengetahui keefektifan produk buku ajar yang dikembangkan tersebut. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SD Negeri Blang Kucak, SD Negeri Blang Benara dan SD Negeri Suka Makmur. Model pengembangan yang digunakan adalah Dick & Carey yang diadaptasikan ke prosedur pengembangan oleh Sa’adun Akbar. Prosedur penelitian yaitu dimulai dari identifikasi masalah, analisis kurikulum, perancangan dan penyebaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk buku ajar yang dikembangkan sudah valid dengan melalui beberapa tahapan revisi/perbaikan. Persentase nilai yang diperoleh antara lain: (a) kelayakan bahasan (96%), (b) kelayakan Isi (93%), (c) kelayakan Penyajian (91%), (d) praktisi 1 (94%), (e) praktisi 2 (95%), (f) praktisi 3 (95%). Untuk keefektifak produk buku ajar maka diujicobakan kepada siswa, berikut hasil perolehan persentase klasikal dari hasil belajar siswa: (a) fase one to one 70%, (b) evaluasi kelompok kecil 77,26%, dan (c) uji coba terbatas 85,71%. Berdasarkan uji coba tersebut, pada pertemuan ketiga produk sudah memenuhi keefektifakn produk buku ajar yaitu siswa minimal mencapai ketuntasan klasikal sebesar 85%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAzhari, Phil. Ichwan196101161985031003
Thesis advisorSaragih, Daulat196411071991031010
Call Number: 372.83 Apr p
Keywords: Penelitian pengembangan; Buku ajar; Budaya lokal
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology > HM621 Culture
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 03 May 2017 09:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24479

Actions (login required)

View Item View Item