PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI TATA SURYA DI SMP NEGERI 10 SATAP TORGAMBA

Rajagukguk, Kiki Pratama (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI TATA SURYA DI SMP NEGERI 10 SATAP TORGAMBA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
8156182080 COVER.PDF - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156182080 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156182080 ABSTRAK.PDF - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156182080 KATA PENGANTAR.PDF - Published Version

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156182080 DAFTAR ISI.PDF - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156182080 DAFTAR TABEL.PDF - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156182080 DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156182080 DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156182080 BAB I.PDF - Published Version

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156182080 BAB V.PDF - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8156182080 DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis discovery learning yang dikembangkan. Pengembangan lembar kerja peserta didik menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian meliputi 5 langkah yaitu: (1) analysis (analisis) (2) design (perancangan), (3) development (pengembangan), (4) implementation (penerapan), (5) evaluation (penilaian). Subjek Penelitian ini adalah 36 orang peserta didik kelas VII di SMP Negeri 10 Satap Torgamba. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian untuk ahli materi, ahli desain pembelajaran, guru ilmu pengetahuan alam, lembar angket/kuesioner untuk siswa, observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar yang terlebih dahulu dilakukan validasi empiris. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah dengan teknik deskriptif kualitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang memenuhi validitas isi, penyajian, kebahasaan dan tampilan dengan rata-rata 3,85 dengan kategori sangat baik dan masuk kriteria valid dan layak digunakan, serta efekif digunakan untuk meningkatkan hasil belaja rsiswa diantaranya ketuntasan belajar individu mencapai 83%, ketuntasan belajar klasikal mencapai 83,3% dengan persentase N-gain mencapai 0,74 ketercapaian indikator pembelajaran mencapai 81,9 dan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata 84,9 serta mendapat respon posistif dari siswa mencapai 81,5% dengan kriteria baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSuyanti, Retno Dwi196601261991032003
Thesis advisorSiman, 195501081980031007
Call Number: 372.357 Raj p
Keywords: Lembar kerja peserta didik; Discovery learning; Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LH College and school magazines and papers
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 03 May 2017 09:43
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24478

Actions (login required)

View Item View Item