PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN METODE SQ3R DENGAN METODE EKSPOSITORI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 106163 BANDAR KLIPPA TAHUN AJARAN 2016/2017

Rokayah, Siti (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN METODE SQ3R DENGAN METODE EKSPOSITORI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 106163 BANDAR KLIPPA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 1133311089 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 1133311089 COVER.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 2. 1133311089 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 1133311089 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[thumbnail of 4. 1133311089 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. 1133311089 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 5. 1133311089 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5. 1133311089 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 6. 1133311089 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6. 1133311089 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of 7. 1133311089 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. 1133311089 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 8. 1133311089 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
8. 1133311089 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 9. 1133311089 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. 1133311089 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 10. 1133311089 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. 1133311089 BAB I.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview
[thumbnail of 14. 1133311089 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. 1133311089 BAB V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 15. 1133311089 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. 1133311089 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah adakah perbedaan antara hasil belajar
yang menggunakan metode SQ3R dengan menggunakan ekspositori pada mata
pelajaran bahasa Indonesia. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui
perbedaan hasil belajar yang menggunakan metode SQ3R dengan metode
ekspositori pada pelajaran bahasa Indonesia
Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen. Penelitian ini
dilaksanakan di SDN 106163 Bandar Klippa pada semester genap tahun ajaran
2016/2017. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V
SDN 106163 Bandar Klippa yang berjumlah 60 orang, yang terbagi atas kelas VA
sebanyak 30 siswa dan kelas VB sebanyak 30 siswa. Populasi dalam penelitian ini
diambil dengan cara teknik random sampling, yaitu dengan memilih sampel
secara acak yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas
kontrol.
Peneliti terlebih dahulu melakukan uji validitas, reliabilitas, taraf
kesukaran dan daya pembeda terhadap sekolah yang berbeda dengan siswa
sebanyak 30 orang. Dari hasil pengumpulan data pada kelas eksperimen dengan
metode SQ3R diperoleh nilai rata-rata pretest= 42,83 dengan standar deviasi
10,72 dan nilai rata-rata pada postest=76,5 dengan standar deviasi 11,30 yang
berarti terjadi selisih hasil belajar yang diperoleh sebesar 33,67 dengan persentase
78%. Sedangkan hasil pengumpulan data kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata
pada pretest= 41 dengan standar deviasi 13,02 dan nilai rata-rata pada
postest=61,66 dengan standar deviasi 10,53 yang berarti terjadi selisih hasil
belajar yang diperoleh sebesar 20,66 dengan persentase 50%. Dengan demikian
persentase hasil belajar kelas eksperimen adalah 78% dan persentase hasil belajar
kelas kontrol adalah 50%, sehingga persentase perbedaannya adalah 28%.
Analisis data menunjukkan bahwa nilai normalitas hasil belajar dengan metode
SQ3R (L0 = 0,1190) memiliki distribusi normal dan nilai normalitas pada kelas
kontrol adalah (L0 = 0,1412) memiliki distribusi normal. Hasil uji homogenitas
menunjukkan Fhitung (1,1522) < Ftabel (1,859) yang disimpulkan varians sampel
adalah homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Ha diterima dengan
perolehan thitung (5,226) > ttabel (2,002). Hal ini berarti terdapat perbedaan hasil
belajar siswa yang menggunakan metode SQ3R dengan metode ekspositori pada
mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN 106163 Bandar Klippa Tahun
Ajaran 2016/2017.
Berdasarkan hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas V yang menggunakan
metode SQ3R dengan metode ekspositori pada mata pelajaran bahasa Indonesia
kelas V SDN 106173 Bandar Klippa Tahun Ajaran 2016/2017. Dengan demikian
hipotesis yang berbunyi: “Terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas V yang
menggunakan metode SQ3R dengan metode ekspositori pada mata pelajaran
bahasa Indonesia kelas V SDN 106173 Bandar Klippa Tahun Ajaran 2016/2017”
diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 143
Keywords: Metode SQ3R, Metode Ekspositori, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 May 2017 02:43
Last Modified: 02 May 2017 02:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24401

Actions (login required)

View Item
View Item