UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA/SISWI KELAS XI SMA METHODIST 8 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Lumbangaol, Gabe Tua (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA/SISWI KELAS XI SMA METHODIST 8 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 6123111035 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 6123111035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 6123111035 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 6123111035 PREFACE.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 6123111035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 6123111035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 6123111035 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 6123111035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 6123111035 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 6123111035 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 6123111035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli dalam pembelajaran Passing bawah bola voli melalui pendekatan saintifik dan media audio visual pada siswa kelas XI SMA Methodist 8 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa/siswi kelas XI yang berjumlah sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 16 putra dan 8 putri yang akan diberikan tindakan melalui Pendekatan saintifik dan media audio visual terhadap proses belajar Passing bawah bola voli Dalam Pembelajaran passing bawah bola voli. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Setelah data terkumpul didapatkan hasil analisis : Nilai siswa sebelum menggunakan pendekatan saintik dan media audio visual (pre-test) diperoleh 8 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (33,33%), sedangkan 16 siswa belum mencapai ketuntasan belajar (66,67%) . Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan Gaya Mengajar Pendekatan Saintifik dan Media Audio Visual Dari tes hasil belajar siklus 1 diperoleh sebanyak 13 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (54,16%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 11 orang siswa (45,83%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 68.11. Dari tes hasil belajar siklus 2 diperoleh data sebanyak 21 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (87,5%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 3 orang siswa (12,5%) masih belum tuntas dengan nilai rata-rata siswa 84.01. Maka kenaikan nilai klasikal ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II mencapai 33,34%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui pendekatan saintifik dan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli dalam pembelajaran passing bawah bola voli Pada Siswa Kelas XI SMA Methodist 8 Medan Tahun Ajaran 2016/2017

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSaputra, Iwan197705042005011003
Call Number: SK-2017 PJKR 051
Keywords: Pendidikan Jasmani, Hasil belajar, Bolavoli
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Apr 2017 06:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24248

Actions (login required)

View Item View Item