PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN (PDTM) SISWA MELALUI STRATEGI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS X TP SMK MULTI KARYA MEDAN. T.A 2016/2017

Baruna, Putra (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN (PDTM) SISWA MELALUI STRATEGI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS X TP SMK MULTI KARYA MEDAN. T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5113321028 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5113321028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5113321028 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5113321028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5113321028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5113321028 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5113321028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5113321028 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 5113321028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5113321028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar siswa pada standart kompetensi Pengetahuan Dasar Teknik Mesin (PDTM) dengan Menggunakan Model pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Games Turnament ) Pada Siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK Multi Karya Medan T.A 2016/2017 yang berjumlah 35 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) sedangkan subjeknya adalah siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 siklus, dimana setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas dan hasil belajar siswa setelah penerapan Model pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) meningkat. Dimana pada siklus I sebelum menggunakan model pembelajaran cooperatif tipe TGT hasil belajar yang diperoleh sebanyak 22 siswa (62.86%) yang tuntas belajar dengan memperoleh nilai ≥ 70. Kemudian peningkatan yang signifikan juga ditunjukkan pada siklus II yaitu hasil belajar yang diperoleh sebesar 80% atau sebanyak 28 siswa yang tuntas belajar dengan memperoleh nilai ≥ 70.Disamping itu kemampuan tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran terjadi peningkatan yang belum kompeten menjadi kompeten sebanyak 6 siswa (17.14%) yang tuntas belajar dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan perolehan nilai siswa yaitu sebanyak 28 orang (80%) pada siklus II sudah memperoleh nilai ≥ 70, ini berarti bahwa telah tercapai batas tuntas indikator yang ditetapkan secara klasikal yaitu 75% siswa memperoleh nilai ≥ 70. Pembelajaran menggunakan model pembelajaran cooperatif tipe TGT secara optimal dengan strategi yang tepat juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kemampuan dalam diskusi kelompok mengalami kemajauan. Hal ini dapat dilihat dari sudah mulai terbiasanya siswa belajar dalam kelompok. Dari hasil observasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa pada siklus I hanya rata – rata 60% menjadi 71,43% pada siklus II dan menjadi 74,29% pada siklus II. Hal ini menunjukan bahwa belajar dengan menggunakan model pembelajaran cooperatif tipe TGT dapat menuntun siswa lebih aktif dan kreatif serta menambah semangat belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPurba, Bonaraja196204151987031004
Call Number: SK-2017 MES 052
Keywords: Model pembelajaran cooperatif tipe teams games tournament (TGT); Hasil belajar; Pengetahuan dasar teknik mesin (PDTM)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Apr 2017 02:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24090

Actions (login required)

View Item View Item