PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR KOSMETIKA PADA SISWA KELAS X TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 8 MEDAN

Ginting, Adelina E. T. (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR KOSMETIKA PADA SISWA KELAS X TATA KECANTIKAN SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5123144001 COVER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5123144001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5123144001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5123144001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5123144001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5123144001 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5123144001 LIST OF TABELS.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5123144001 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5123144001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5123144001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5123144001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kosmetika Tradisional dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas X SMK Negeri 8 Medan. Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kosmetika Tradisional setelah menggunakan model pembelajaran Cooperative script di kelas X SMK Negeri 8 Medan. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Cooperative script pada mata pelajaran Kosmetika terhadap hasil belajar siswa di kelas X SMK Negeri 8 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan 2 kelas sebagai sampel penelitian. Kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran cooperative script dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang sedangkan kelas control menggunakan pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes untuk melihat hasil belajar siswa pada materi kosmetika. Analisis data yang digunakan adalah uji parametric yaitu uji t dengan persyaratan analisis uji normalitas dengan ujichi kuadrat dan uji homogenitas dengan uji F. Dari uji normalitas pretes eksperimen diperoleh 〖x^2〗_hitung=3,6088. Uji normalitas postes eksperimen diperoleh 〖x^2〗_hitung=4,9354. Uji normalitas pretes control diperoleh 〖x^2〗_hitung=3,9262. Uji normalitas postes control diperoleh 〖x^2〗_hitung=4,5642. Dari tabel diperoleh 〖x^2〗_tabel=11,1 dengan dk = 5 dan α=0,05. Karena 〖x^2〗_hitung<〖x^2〗_tabel maka semua kelompok data berdistribusi normal. Dari uji homogenitas pretes diperoleh F_hitung=1,05. Uji homogenitas postes diperoleh F_hitung=1,44. Karena F_hitung<F_tabel maka varians data pretes dan data postes adalah homogen. Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 8 Medan pada materi kosmetika yang diajar dengan model pembelajaran cooperative script berada pada kategori baik. Hasil belajar siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 8 Medan pada materi kosmetika yang diajar dengan model pembelajaran konvensional berada pada kategori cukup. Terdapat pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kosmetika pada siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 8 Medan. Hal ini dibuktikan dari hasil uji statistic yaitu diperoleh t_hitung=4,95 dan t_tabel=2,00 dengan α = 0,05 dan dk = 62 sehingga sehingga t_hitung>t_tabel atau 4,95>2,00.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTobing, Marnala195906011987032001
Call Number: SK-2017 RIAS 045
Keywords: Model pembelajaran cooperative script
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 18 Apr 2017 08:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24065

Actions (login required)

View Item View Item