PENGGUNAAN BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Purba, Lasta Maria (2017) PENGGUNAAN BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 5123111030_1. COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123111030_2. APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123111030_3. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123111030_4. PREFACE.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123111030_5. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123111030_6. TABLE.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123111030_7. ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123111030_8. APPENDICES.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123111030_9. CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123111030_13. CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 5123111030_14. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam dengan menggunakan Bahan Ajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 35 orang. Dari data hasil uji coba instrumen yang dilakukan pada siklus I diperoleh 22 soal yang valid dari 30 soal, dimana dari ke-22 soal ini diperoleh indeks kesukaran : 8 soal mudah, 13 soal sedang dan 1 soal sulit, daya beda soal diperoleh 5 soal jelek, 4 soal cukup, 10 soal baik dan 3 soal sangat baik, uji reabilitas soal diperoleh 0,88 (sangat Tinggi) dan pada siklus II diperoleh 24 soal yang valid dari 30 soal, diperoleh indeks kesukaran : 15 soal mudah dan 9 soal sedang, daya beda soal diperoleh 3 soal jelek, 10 soal cukup dan 11 soal baik, uji reabilitas soal diperoleh 0,90 (sangat Tinggi). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planing), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes hasil belajar. Pada siklus I mempelajari tentang mengkategorikan macam-macam pekerjaan konstruksi batu dan beton. Pada siklus II mempelajari tentang menalar pekerjaan konstruksi batu dan beton. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa pada akhir siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 71,22 dengan persentase kelulusan 57,14 % meningkat menjadi 84,64 dengan persentase kelulusan 100% pada siklus II. Untuk rata-rata nilai hasil belajar pada siklus I yaitu 77,53 dengan persentase kelulusan 68,57 % meningkat menjadi 86,07 dengan persentase kelulusan 100% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan bahan ajar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar konstruksi bangunan pada siswa kelas X program keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri Lubuk Pakam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMatondang, Zulkifli196807131993031003
Call Number: SK-2017 BAN 025
Keywords: Bahan ajar; Aktivitas belajar; Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 18 Apr 2017 08:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24061

Actions (login required)

View Item View Item