MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DI KELAS V SDN 101801 KEDAI DURIAN T.A 2016/2017

Aisya (2017) MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) DI KELAS V SDN 101801 KEDAI DURIAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. COVER AISYA (NIM1133311014).pdf]
Preview
Text
01. COVER AISYA (NIM1133311014).pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 02. LEMBAR PERSETUJUAN AISYA (NIM1133311014).pdf]
Preview
Text
02. LEMBAR PERSETUJUAN AISYA (NIM1133311014).pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of 03. ABSTRAK AISYA (NIM1133311014).pdf]
Preview
Text
03. ABSTRAK AISYA (NIM1133311014).pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of 04. KATA PENGANTAR AISYA (NIM1133311014).pdf]
Preview
Text
04. KATA PENGANTAR AISYA (NIM1133311014).pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of 05. DAFTAR ISI AISYA (NIM1133311014).pdf]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI AISYA (NIM1133311014).pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of 06. DAFTAR GAMBAR AISYA (NIM1133311014).pdf]
Preview
Text
06. DAFTAR GAMBAR AISYA (NIM1133311014).pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 07. DAFTAR TABEL AISYA (NIM1133311014).pdf]
Preview
Text
07. DAFTAR TABEL AISYA (NIM1133311014).pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 08. DAFTAR LAMPIRAN NIM1133311014).pdf]
Preview
Text
08. DAFTAR LAMPIRAN NIM1133311014).pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 09. BAB I AISYA (NIM1133311014).pdf]
Preview
Text
09. BAB I AISYA (NIM1133311014).pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V AISYA (NIM1133311014).pdf]
Preview
Text
13. BAB V AISYA (NIM1133311014).pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA AISYA (1133311014).pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA AISYA (1133311014).pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam Penelitian ini adalah rendahnya kreativitas belajar siswa dalam pelajaran IPA pada materi pokok pesawat sederhana. Rendahnya kreativitas ini disebabkan kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi serta kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pelajaran IPA di kelas V- B SDN 101801 Kedai Durian T.A 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah 32 orang siswa dengan jumlah laki – laki 16 orang siswa dan jumlah perempuan 16 orang siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun alat pengumpulan datanya adalah lembar observasi dan angket. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 32 jumlah siswa pada siklus I pertemuan I memperoleh nilai rata – rata kreativitas belajar siswa yaitu 55,703 dan persentase secara klasikal yaitu 25% dimana 8 orang siswa sudah kreatif dan 24 orang siswa belum kreatif. Kemudian pada siklus I pertemuan II memperoleh nilai rata – rata kreativitas belajar siswa yaitu 57,96 dan persentase secara klasikal yaitu 31,25% dimana 10 orang siswa sudah kreatif dan 22 orang siswa belum kreatif. Pada siklus II pertemuan pertama di peroleh rata – rata nilai krativitas belajar siswa yaitu 64,375 dan persentase klasikal yaitu 46,87% dimana 15 orang siswa sudah kreatif dan 17 orang siswa belum kreatif dan pada siklus II pertemuan ke II mengalami peningkatan secara signifikan yaitu dengan rata – rata 75,31 dan persentase klasikal yaitu 84,37% dimana 27 orang siswa sudah kreatif dan 5 orang siswa yang belum kreatif. Hasil angket siswa pada siklus I yaitu 66,15 dan pada siklus II meningkat yaitu 72,125. Pada siklus I pertemuan I kemampuan mengajar guru tergolong kategori cukup dengan persentase rata – rata 69,53%, pada siklus I pertemuan II masih tergolong kategori baik dengan persentase rata – rata 73,43%, dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase rata - rata pada pertemuan I 77,3% dengan kategori baik, dan pada pertemuan II dengan persentase rata – rata 88,28% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pelajaran IPA materi pokok pesawat sederhana di kelas V-B SDN 101801 Kedai Durian T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 045
Keywords: Hakikat belajar; Kreativitas belajar; Model pembelajaran; Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 18 Apr 2017 03:38
Last Modified: 18 Apr 2017 03:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24038

Actions (login required)

View Item
View Item