PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR PENGELASAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK 1 YAPIM SIMPANG KAWAT T.A 2016/2017

Arjuna, Wira Ardi (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR PENGELASAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK 1 YAPIM SIMPANG KAWAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5123321040 COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5123321040 APPOVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5123321040 ABTRACT.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5123321040 PREFACE.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5123321040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5123321040 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5123321040 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5123321040 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5123321040 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5123321040 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5123321040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pengelasan siswa kelas X SMK 1 YAPIM Simpang Kawat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan mengguakan Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dengan siswa yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Konvensional pada materi pokok K3 Las Listrik Kelas X Program Keahlian Teknik Permesinan SMK 1 YAPIM Simpang Kawat Kabupaten Asahan Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK 1 YAPIM Simpang Kawat yang berjumlah 68 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X TP 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang, kelas X TP 2 sebagai kelas control yang berjumlah 33 orang. Teknik anailisis data yang digunakan yaitu dengan menentukan nilai rata-rata, varians, menghitung uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji homogenitas, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis apabila menunjukan thitung >ttabel pada α = 0,05. Hasil penelitian dilihat dari nilai tes akhir ( Post Test) diperoleh skor rata-rata kelas eksperimen 78,38 dengan standar deiviasi 3,31 dan skor rata-rata kelas control adalah 67,41 dan standar deiviasi 3,13. Dari uji prasyarat analisis data hasil belajar berdistribusi normal dan juga homogen. Pengujian hipotesi yang digunakan adalah uji-t, diperoleh thitung= 4,332 dan ttabel = 1,693 (4,332>1,693) yang berarti hipotesis penelitian dapat diterima. Hasil ini menyimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunnakan Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs dan siswa yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran pengelasan dengan standar kompetensi memahami pelaksanaan prosudur pengelasan, siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Permesiann SMK 1 YAPIM Simpang Kawat T.A 2016/2017. Hasil belajar yang diajar menggunakan Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs lebih tinggi dari hasil belajar yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitumorang, Julaga195108201978031002
Call Number: SK-2017 MES 035
Keywords: Hasil belajar; Practice rehearsal pairs (PRP); Konvensional
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 17 Apr 2017 04:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24022

Actions (login required)

View Item View Item