PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA INOVTAIF UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI MAHASISWA PADA TOPIK KESETIMBANGAN KIMIA

Ramadani, Atika (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA INOVTAIF UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI MAHASISWA PADA TOPIK KESETIMBANGAN KIMIA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156141001 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8156141001 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156141001 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156141001 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156141001 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8156141001 TABLES.pdf.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8156141001 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8156141001 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8156141001 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM 8156141001 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM 8156141001 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview

Abstract

Pengembangan lembar kerja inovatif untuk mengatasi miskonsepsi mahasiswa pada topik kesetimbangan kimia dijelaskan pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi mahasiswa kimia Universitas Negeri Medan dan penggembangan lembar kerja inovatif untuk mengatasi miskonsepsi yang terjadi. Sampel dipilih secara purpose sampling. Sampel adalah mahasiswa kimia semester IV berjumlah 135 mahasiswa sebanyak 5 kelas dengan kode A, B, C, D dan E dan untuk uji coba terbatas lembar kerja inovatif yang telah dikembangkan dipilih kelas dengan kode E. Intrumen penelitian ini adalah tes diagnostik Three-Tier Test (TTT) kesetimbangan kimia dan wawancara. Pengumpulan data dilakukan 2 tahap yaitu (1) analisis miskonsepsi menggunakan tes diagnostik TTT keseluruh sampel. (2) efektivitas penggunaan lembar kerja untuk mengatasi miskonsepsi menggunakan tes diagnsotik akhir TTT pada kelompok dengan kode E. Teknik analisis data dengan uji normalitias digunakan uji klomogorov-smirnov dan uji homogenitas uji Leneve’s serta uji hipotesis digunakan uji paired sample t test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) sebanyak 56,42% mahasiswa kimia semester IV Universitas Negeri Medan mengalami miskonsepsi pada topik kesetimbangan kima berturut-turut untuk kelas dengan kode A, B, C, D dan E. (2) sumber miskonsepsi berasal dari guru, mahasiswa dan buku. (3) miskonsepsi terjadi pada subtopik penulisan simbol, pendekatan kesetimbangan, aplikasi prinsip Le Chartelier, tetapan kesetimbangan, kesetimbangan heterogen, pengaruh katalis dan hubungan derajat disosiasi dengan tetapan kesetimbangan. (4) terdapat perbedaan miskonsepsi mahasiswa sebelum dan setelah penggunaan lembar kerja inovatif dari hasil uji paired sample t test dengan software SPPS 22 For Windows pada taraf signifikansi α = 0,05 dan thitung > ttabel (10,398 > 1,70) (5) Persentase efektivitas penggunaan lembar kerja inovatif sebesar 54,69%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMuchtar, Zainuddin196703171992031004
Thesis advisorSudrajat, Ajat196406251990031003
Call Number: 540.071 1 Ram p
Keywords: Lembar kerja; Inovatif; Tes diagnostik; Three-tier test; Miskonsepsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LH College and school magazines and papers
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 12 Apr 2017 03:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23958

Actions (login required)

View Item View Item