UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PUKULAN FOREHAND DRIVE DALAM PERMAINAN TENIS MEJA MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS XI IPA 2 SMA N 1 TANAH JAWA TAHUN AJARAN 2016/2017

Sipayung, Amando (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PUKULAN FOREHAND DRIVE DALAM PERMAINAN TENIS MEJA MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS XI IPA 2 SMA N 1 TANAH JAWA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 6113311018 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 6113311018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 6113311018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 6113311018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 6113311018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 6113311018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 6113311018 TABLES.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 6113311018 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 6113311018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 6113311018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 6113311018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pukulan Forehand Drive dalam permainan tenis meja melalui gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tanah Jawa Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tindakan gaya mengajar resiprokal. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tanah Jawa yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data dan paparan data. Penilaian yang diberikan 2 kali yaitu tes siklus I dan tes siklus II, sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Dimana nilai standar ketuntasan belajarnya adalah 75. Apabila nilai siswa kurang dari 75, maka siswa dikatakan belum tuntas. Pada siklus I dapat diketahui bahwa dari 30 orang siswa sebanyak 17 siswa (56,67%) yang mendapat hasil belajar tuntas dan sebanyak 13 siswa (43,33%) yang masuk dalam kategori tidak tuntas dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 71,85. Berdasarkan post test siklus II dapat diketahui sebanyak 28 orang siswa (93,33%) yang tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata klasikal 85,19. Setelah dilakukan pembelajaran dan tes pada siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dalam pukulan Forehand Drive dalam permainan tenis meja dan sekaligus membuktikan bahwa tidak perlu lagi diadakan siklus berikutnya. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Melalui penerapan gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar pukulan forehand drive dalam permainan tenis meja pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Tanah Jawa Tahun Ajaran 2016/2017” dapat diterima, dengan jumlah nilai seluruhnya 2555,6, nilai rata-rata klasikal 85,19 dan nilai ketuntasan klasikalnya sebesar 93,33%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasution, Usman197511092003121002
Call Number: SK-2017 PJKR 041
Keywords: Pendidikan Jasmani, Hasil Belajar, Forehand Drive
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Apr 2017 08:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23931

Actions (login required)

View Item View Item