ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PPKn PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Siregar, Nurmala Sari (2017) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PPKn PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERBASIS KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN PERCUT SEI TUAN TAHUN PELAJARAN 2016-2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3131111034 COVER.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3131111034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3131111034 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3131111034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3131111034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3131111034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3131111034 DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3131111034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 3131111034 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3131111034 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 3131111034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru PPKn pada pelaksanaan pembelajaran berbasis kurikulum 2013 di SMP Negeri Se- Kecamatan Percut Sei Tuan. Adapun metode penelitian yang digunakan penulis ialah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di SMP N Se Kecamatan Percut Sei Tuan yang menerapkan kurikulum 2013 yaitu sebanyak 5 (lima) sekolah dengan subyek penelitian sebanyak 6 orang guru PPKn. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa realitas kompetensi guru PPKn dalam melakukan proses pembelajaran berbasis kurikulum 2013 yang dilakukan di SMP Negeri Se-Kecamatan Percut Sei Tuan masih kurang karena standar kompetensi yang menjadi objek penelitian yaitu kompetensi pedagogik belum sepenuhnya tercapai, karena masih ada guru PPKn belum mampu menguasai kompetensi pedagogik dengan baik ditandai dengan kurangnya pemahaman guru PPKn terhadap aspek-aspek di dalam kompetensi pedagogik, yaitu aspek perancangan dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki peserta didik serta evaluasi pembelajaran. Adapun kesulitan yang dialami guru PPKn di SMP tersebut adalah dalam hal mengaplikasikan media pembelajaran berupa Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Di samping itu fasilitas sekolah juga belum memadai, padahal dalam kompetensi pedagogik mengharuskan setiap guru dapat mengoperasikan komputer, dan layar proyektor (infokus) guna menunjang keberhasilan pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSetiawan, Deny196803081993031003
Call Number: Sk-2017 PKn 011
Keywords: Analisis, Kompetensi pedagogik, Guru PPKn, Pembelajaran, kurikulum 2013.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Apr 2017 03:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23908

Actions (login required)

View Item View Item