IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMK AL MA’SHUM SIDODADI KISARAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Yasinta, (2017) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMK AL MA’SHUM SIDODADI KISARAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NM. 3132111014 COVER.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3132111014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3132111014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3132111014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3132111014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3132111014 BAGAN.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3132111014 TABLE ..pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 313211114 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 3132111014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3132111014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 3132111014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SMK Al Ma’shum Sidodadi Kisaran Tahun Pelajaran 2016/2017. Nilai-nilai Pancasila pada hakikatnya adalah mendasarkan pada landasan sila-sila Pancasila yaitu: nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan. Hal ini berkaitan dengan tujuan Pramuka untuk mengembangkan akhlak dan kewarganegaraan yang baik pada peserta didik. Gerakan Pramuka yang ada di SMK Al Ma’shum Sidodadi Kisaran adalah gerakan kepanduan nasional yang merupakan organisasi pendidikan yang keanggotaannya bersifat suka rela, tidak membedakan suku, ras, golongan, dan agama. Untuk itu nilai-nilai Pancasila baik untuk diterapkan dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Untuk mengetahui analisis data yang terkumpul penulis menggunakan analisis interaktif fungsional, yang berpangkal dari empat kegiatan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan analisis penelitian ini maka dapat ditarik kesimpulan bahwa nilai-nilai Pancasila melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SMK Al Ma’shum Sidodadi Kisaran dirasakan sudah terimplementasi Hal ini ditunjukkan pada kegiatan-kegiatan Pramuka seperti perkemahan, penjelajahan, LBB, games, dan upacara yang di dalam kegiatan tersebut nilai-nilai Pancasila dapat terimplementasi. Selain itu keterlibatan pihak sekolah dan sarana prasarana di sekolah memberikan pengaruh baik bagi pelaksanaan kegiatan Pramuka. Kegiatan Pramuka juga sebagai wadah praktik langsung atas nilai-nilai Pancasila yang telah dipelajari dalam pendidikan formal pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiagian, Liber196409171990031003
Call Number: SK-2017 PKn 012
Keywords: Implementasi, Nilai-nilai Pancasila, Kegiatan Pramuka
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Apr 2017 03:51
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23907

Actions (login required)

View Item View Item