ANALISIS KESIAPAN GURU KELAS DALAM MENGIMPLEMENTASI PENILAIAN OTENTIK PADA KOMPETENSI RANAH SIKAP DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN TEBING TINGGI KOTA

Andriani, Juli (2016) ANALISIS KESIAPAN GURU KELAS DALAM MENGIMPLEMENTASI PENILAIAN OTENTIK PADA KOMPETENSI RANAH SIKAP DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN TEBING TINGGI KOTA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8146182019 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8146182019 COVER.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8146182019 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8146182019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8146182019 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8146182019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8146182019 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8146182019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8146182019 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8146182019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8146182019 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8146182019 TABLE.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8146182019 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8146182019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8146182019 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8146182019 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8146182019 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8146182019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8146182019 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8146182019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8146182019 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8146182019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk memperoleh gambaran faktual mengenai kesiapan guru kelas dalam mengimplementasi penilaian otentik pada kompetensi ranah sikap di sekolah dasar kecamatan Tebing Tinggi kota. Permasalahan penelitian ini adalah masih minimnya sosialisasi dan pelatihan yang diberikan kepada guru, masih kurang optimalnya guru dalam proses pelaksanaan penilaian sikap yang dianggap masih sangat sulit karena selalu mengalami perubahan penilaian dalam setiap tahunnya juga begitu banyak indikator yang harus dicapai. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penenlitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalalah guru kelas IV di 2 Sekolah Dasar Negeri dan 1 Sekolah Dasar Swasta yang berbeda yaitu guru kelas IV di SD Negeri 163080 di Tebingtinggi, guru kelas IV di SD Negeri 163084 di Tebing Tinggi dan guru kelas IV di SD Swasta Inti Nusantara di Tebing Tinggi. Teknik pengeumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dari wawancara observasi dan dokumentasi menunjukkan bahwa kesiapan guru kelas dalam mengimplementasi penilaian autentik pada kompetensi ranah sikap di sekolah dasar kecamatan Tebing tinggi masih belum optimal. Hal ini terlihat dari masih minimnya penilaian otentik pada ranah yang diberikan oleh guru sehingga pemahaman dan prose pelaksanaan penilaian belum optimal berjalan dengan semestinya. Buku guru oleh pemerintah sudah dibeikan sebagai pegangan guru dalam penilaian tetapi masih harus direvisi ulang dikarenakan masih sangat mendasar materi penilaian yang ada di dalam isi buku tersebut. Selanjutnya penilaian yang masih sangat rumit dianggap oleh guru. Pengelolaan alokasi waktu yang juga masih sangat terbatas sehingga penilaian masih kurang efektif dalam pelaksanaan. Hasil analisis data di atas menunjukkan bahwa kesiapan guru dalam implementasi penilaian otentik pada ranah sikap dikategorikan masih belum siap.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.11 And a
Uncontrolled Keywords: Penilaian otentik; Ranah sikap
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Mar 2017 09:54
Last Modified: 29 Mar 2017 09:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23835

Actions (login required)

View Item
View Item