PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MENERAPKAN KONSEP ELEKTRONIKA DIGITAL DI SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA, SUMATERA UTARA

Baharuddin (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MENERAPKAN KONSEP ELEKTRONIKA DIGITAL DI SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA, SUMATERA UTARA. Jurnal Paradigma, 11 (02). pp. 73-78. ISSN 0853-7585

[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Mind Mapping dan Model pembelajaran Expositori terhadap hasil belajar konsep elektronika digital Kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan SMK . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Metode Eksperimen yang mana menberikan perlakuan yang berbeda kepada dua kelompok penelitian . Penelitian ini dilakukan pada Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1 Tanjung Pura pada Tahun ajaran 2015/2016 subjek penelitian ini terbagi atas dua kelas dan di ambil secara acak, Kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Mind Mapping dan Kelas X TKJ 2 sebagai kelas control yang diajarkan dengan Model pembelajaran Ekspositori. Data dikumpul dengan menggunakan test.Metode statistic dengan diskribtif dan uji t. Hasil penelitian diperoleh rata-rata skor penerapan model Mind Mapping 13,03 lebih tinggi bila dibandingkan dengan skor rata-rata Model Pembelajaran Ekspositori 11,06 . Hasil uji Hipotesis dengan uji t diperoleh nilai thitung > t tabel yaitu 3,078 > 1,672

Item Type: Article
Keywords: Model pembelajaran; Mind mapping; Elektronika digital
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Mar 2017 03:31
Last Modified: 23 Mar 2017 03:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23822

Actions (login required)

View Item
View Item