PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATI NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MENGINTERPRETASIKAN GAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK BANDUNG 2 PERCUT SEI TUAN

Larasati, (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATI NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MENGINTERPRETASIKAN GAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK BANDUNG 2 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 5123122021 COVER.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 5123122021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 5123122021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 5123122021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 5123122021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 5123122021 TABLE.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 5123122021 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 5123122021 APENDICES.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 5123122021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5123122021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5123122021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap hasil belajar Menginterpretasikan gambar Teknik siswa kelas X SMK Bandung 2 Percut sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik Purpose Sample yaitu kelas X TKR 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 orang dan Kelas X TKR 2 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 19 orang. Kelas Eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan tanpa menggunakan model Numbered Heads Together. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Sebelum dilakukan tes pada kedua kelas tersebut, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas dalam jangka waktu dan pertemuan yang sama. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa antara yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada mata pelajaran Menginterpretasikan gambar Teknik Siswa Kelas X SMK Bandung 2 Percut Sei Tuan. Hal ini ditunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 8,552 > 2,0273 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap hasil belajar Menginterpretasikan gambar Teknik siswa kelas X SMK Bandung 2 Percut sei Tuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKhoiri, 195508011986011001
Call Number: SK-2017 OTM 011
Keywords: Model pembelajaran; Kooperatif; Numbered heads together; Hasil belajar; Menginterpretasikan gambar teknik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Mar 2017 04:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23803

Actions (login required)

View Item View Item