Larasati (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATI NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MENGINTERPRETASIKAN GAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK BANDUNG 2 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5123122021 COVER.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
02. NIM 5123122021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
03. NIM 5123122021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
04. NIM 5123122021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
05. NIM 5123122021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
06. NIM 5123122021 TABLE.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
07. NIM 5123122021 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
08. NIM 5123122021 APENDICES.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
09. NIM 5123122021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
13. NIM 5123122021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
14. NIM 5123122021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap hasil belajar Menginterpretasikan gambar Teknik siswa kelas X SMK Bandung 2 Percut sei Tuan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik Purpose Sample yaitu kelas X TKR 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 orang dan Kelas X TKR 2 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 19 orang. Kelas Eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan tanpa menggunakan model Numbered Heads Together. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Sebelum dilakukan tes pada kedua kelas tersebut, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas dalam jangka waktu dan pertemuan yang sama. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh hasil belajar siswa antara yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada mata pelajaran Menginterpretasikan gambar Teknik Siswa Kelas X SMK Bandung 2 Percut Sei Tuan. Hal ini ditunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 8,552 > 2,0273 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together terhadap hasil belajar Menginterpretasikan gambar Teknik siswa kelas X SMK Bandung 2 Percut sei Tuan.