PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH (MENCARI PASANGAN)TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN PERALATAN DAN PERLENGKAPAN DITEMPAT KERJA SISWA KELAS X TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK PALAPA BINJAI

Alkhoiri, Fadlan (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH (MENCARI PASANGAN)TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN PERALATAN DAN PERLENGKAPAN DITEMPAT KERJA SISWA KELAS X TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK PALAPA BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 5122122002 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 5122122002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 5122122002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 5122122002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 5122122002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 5122122002 TABLE.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 5122122002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 5122122002 APENDICES.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 5122122002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5122122002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5122122002 BIBLIOGRAPHI.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Make A Match (Mencari Pasangan) Terhadap Hasil Belajar Menggunakan Peralatan Dan Perlengkapan Ditempat Kerja Siswa Kelas X Teknik Sepeda Motor Di SMK Palapa Binjai. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yaitu kelas X TSM 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas X TSM 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Kelas Eksperimen diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Make A Match (Mencari Pasangan) sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Sebelum dilakukan tes pada kedua kelas tersebut, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas dalam jangka waktu dan pertemuan yang sama. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Make A Match (Mencari Pasangan) dengan yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Menggunakan Peralatan Dan Perlengkapan Ditempat Kerja Siswa Kelas X SMK Palapa Binjai. Hal ini ditunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 12,75 > 2,0189 pada taraf nyata α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Make A Match (Mencari Pasangan) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitumorang, Julaga195108201978031002
Call Number: SK-2017 OTM 013
Keywords: Model make a match; Model pembelajaran; Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL1 Motor vehicles. Cycles
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 21 Mar 2017 04:39
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23802

Actions (login required)

View Item View Item