APLIKASI PEMBELAJARAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS BERBASIS INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK MAHASISWA TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA

Tarigan, Sri Wahyuni (2016) APLIKASI PEMBELAJARAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS BERBASIS INTERNET TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK MAHASISWA TEKNIK INDUSTRI UNIVERSITAS PRIMA INDONESIA. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (771kB) | Preview

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah mengetahui aplikasi pembelajaran pengembangan kemampuan berfikir kritis berbasis internet terhadap hasil belajar pada materi minyak bumi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester I stambuk 2015 Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer Jurusan Teknik Industri di Universitas Prima Indonesia yang berjumlah 21 mahasiswa. Teknik Pengujiannya memakai Uji T berpasangan (Paired Sample T-Test). Sebagai pengujian lanjut digunakan uji persyratan berupa uji normalitas data dengan menggunakan kolom kolmogorov smirnov dan uji homogenitas varian dengan menggunakan analisis chi-square. Reliabilitas tes hasil belajar alpha croanbach pada reliability statistic (0,174) ternyata lebih besar dari rtabel (0,296), maka tes yang di uji coba terbukti reliabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran pengembangan kemampuan berfikir kritis mahasiswa berbasis internet dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi minyak bumi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Berpikir kritis; Aplikasi pembelajaran; Internet; Hidrokarbon; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Mar 2017 07:29
Last Modified: 22 Mar 2017 03:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23761

Actions (login required)

View Item
View Item