PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA PADA MATERI KOLOID UNTUK KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Sari, Sri Adelila and Arisa, Siti Nur and Khaldun, Ibnu (2016) PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA PADA MATERI KOLOID UNTUK KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (885kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : i) mengembangkan media ular tangga pada materi koloid, ii) mendeskripsikan tanggapan guru, tanggapan siswa, dan aktivitas siswa terhadap media ular tangga yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan 5 tahapan yang dinamakan ADDIE, yaitu i)Analysis, ii) Design, iii) Development, iv) Implementation, dan v)Evaluation dengan menggunakan metode kualitatif. Uji coba implementasi hasil pengembangan dilakukan di Sekolah Menengah Atas negeri (SMAN)6 Banda Aceh pada siswa kelas XI MIA 1 dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas produk media ular tangga dalam aspek format media ditemukan sebesar 100%. Selain itu, kelayakan aspek visual sebesar 96,87%, aspek kejelasan penyajian soal/pertanyaan 97,5% dan aspek fungsi/kualitas media 84,37%. Validasi produk dilakukan oleh 2 orang validator ahli dari Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Syiah Kuala. Tanggapan yang sangat baik dengan perolehan nilai presentase respon siswa sebesar 100% dan respon dari guru sebesar 89,28%. Untuk uji aktivitas siswa tergolong sangat aktif dengan rerata skor presentase sebesar 88,1%. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa media ular tangga yang dikembangkan adalah valid sehingga dapat diimplementasikan dalam proses pembelajaran kimia pada materi koloid.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Media ular tangga; Koloid; Media pembelajaran; Aktivitas siswa; Tanggapan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Mar 2017 07:26
Last Modified: 22 Mar 2017 03:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23759

Actions (login required)

View Item
View Item