EFEKTIVITAS PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN KARTU KUARTEK DALAM PEMBELAJARAN KLAUSA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 14 MEDAN TP 2010/2011

Sitorus, Nadra Amalia (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN KARTU KUARTEK DALAM PEMBELAJARAN KLAUSA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 14 MEDAN TP 2010/2011. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB I.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB V.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Teknik Permainan Kartu Kuartet dalam Pembelajaran Klausa Siswa Kelas XI SMA Negeri 14 Medan Tahun pembelajaran 2010/2011. Metode penelitian ini bersifat eksperimen semu. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siwa kelas XI SMA Negeri 14 Medan yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah 274 orang. Pemilihan sampel dalam dilakukan dalam dengan menggunakan Cluster Random Sampling, yaitu menentukan kelas dilakukan dengan menggunakan pengundian yaitu memilih dua kelas dari 7 kelas paralel yang ada. Didapatkan kelas XI IPA2 dan XI IPA 3. Masing-masing sampel terdiri dari 40 orang untuk kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA2 dan 40 orang untuk kelas control yaitu XI IPA3. Instrumen yang digunakan untuk menyaring data adalah essay tes. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata (mean) post test pada kelas eksperimen (X) = 74,75, standar deviasi = 9,04, dan termasuk kategori sangat baik 22,5 %, kategori baik 57,5%, kategori cukup 20%, kategori kurang 0. Sedangkan nilai rata-rata (mean) post test kelas kontrol (Y) = 64,12, standar deviasi = 8,43, dan termasuk kategori sangat baik 2,5 %, kategori baik 30%, kategori baik 30%, kategori cukup 57,5%, dan kategori kurang 10%. Hasil post test dengan rata-rata 74,75 pada kelas eksperimen dan hasil post test dengan rata-rata (mean) 64,12 pada kelas kontrol. Berdasarkan, uji normalitas, hasil post test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas bahwa data bersifat homogen. Maka diketahui to sebesar 6,602. Selanjutnya, to tersebut dikonsultasikan dengan table t pada taraf signifikansi 5% dengan dk =(N+N)2=781, dari dk=78 diperoleh taraf signifikan 5% =2 dan 1%=2,65. Dengan demikian, thitung .ttabel, yakni2<6,602>2,65 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa teknik permainan kartu kuartet lebih efektif digunakan dibandingkan dengan teknik pembelajaran konvensional dalam pembelajaran klausa oleh siswa kelas XI SMA Negeri 14 Medan Tahun Pembelajaran 2010/2011. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2011 IND
Keywords: Kartu Kuartek, klausa, permainan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Mar 2017 08:04
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23660

Actions (login required)

View Item View Item