EFEKTIVITAS PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN KARTU KUARTEK DALAM PEMBELAJARAN KLAUSA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 14 MEDAN TP 2010/2011

Sitorus, Nadra Amalia (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN TEKNIK PERMAINAN KARTU KUARTEK DALAM PEMBELAJARAN KLAUSA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 14 MEDAN TP 2010/2011. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 2. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
2. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 4. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
4. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 7. BAB I.pdf]
Preview
Text
7. BAB I.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of 11. BAB V.pdf]
Preview
Text
11. BAB V.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 12. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penerapan Teknik
Permainan Kartu Kuartet dalam Pembelajaran Klausa Siswa Kelas XI SMA
Negeri 14 Medan Tahun pembelajaran 2010/2011.
Metode penelitian ini bersifat eksperimen semu. Populasi dan sampel penelitian
ini adalah seluruh siwa kelas XI SMA Negeri 14 Medan yang terdiri dari 7 kelas
dengan jumlah 274 orang. Pemilihan sampel dalam dilakukan dalam dengan
menggunakan Cluster Random Sampling, yaitu menentukan kelas dilakukan
dengan menggunakan pengundian yaitu memilih dua kelas dari 7 kelas paralel
yang ada. Didapatkan kelas XI IPA2 dan XI IPA 3. Masing-masing sampel terdiri
dari 40 orang untuk kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA2 dan 40 orang untuk
kelas control yaitu XI IPA3. Instrumen yang digunakan untuk menyaring data
adalah essay tes.
Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata (mean) post test pada kelas
eksperimen (X) = 74,75, standar deviasi = 9,04, dan termasuk kategori sangat baik
22,5 %, kategori baik 57,5%, kategori cukup 20%, kategori kurang 0. Sedangkan
nilai rata-rata (mean) post test kelas kontrol (Y) = 64,12, standar deviasi = 8,43,
dan termasuk kategori sangat baik 2,5 %, kategori baik 30%, kategori baik 30%,
kategori cukup 57,5%, dan kategori kurang 10%. Hasil post test dengan rata-rata
74,75 pada kelas eksperimen dan hasil post test dengan rata-rata (mean) 64,12
pada kelas kontrol. Berdasarkan, uji normalitas, hasil post test dinyatakan
berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas bahwa data bersifat
homogen. Maka diketahui to sebesar 6,602. Selanjutnya, to tersebut
dikonsultasikan dengan table t pada taraf signifikansi 5% dengan dk
=(N+N)2=781, dari dk=78 diperoleh taraf signifikan 5% =2 dan 1%=2,65.
Dengan demikian, thitung .ttabel, yakni2<6,602>2,65 maka hipotesis nihil (Ho)
ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa teknik permainan kartu
kuartet lebih efektif digunakan dibandingkan dengan teknik pembelajaran
konvensional dalam pembelajaran klausa oleh siswa kelas XI SMA Negeri 14
Medan Tahun Pembelajaran 2010/2011. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa
hipotesis dalam penelitian ini diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2011 IND
Keywords: Kartu Kuartek, klausa, permainan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Mar 2017 08:04
Last Modified: 09 Mar 2017 08:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23660

Actions (login required)

View Item
View Item