KESANTUNAN BERBAHASA DALAM DISKUSI DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA SISWA SMA NEGERI 1 SIBOLGA

Hutagalung, Heriyawan (2017) KESANTUNAN BERBAHASA DALAM DISKUSI DAN RELEVANSINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA SISWA SMA NEGERI 1 SIBOLGA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8136191006 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 8136191006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8136191006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8136191006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8136191006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 8136191006 TABLES.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 8136191006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 8136191006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 8136191006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 8136191006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 8136191006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan prinsip kesantunan yang digunakan dalam diskusi, (2) mendeskripsikan kesantunan berbahasa dalam diskusi berdasarkan prinsip kesantunan, (3) mendeskripsikan prinsip kesantunan dalam diskusi, (4) relevansi prinsip kesantunan dalam diskusi pada pembelajaran bahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini merupakan diskusi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sibolga. Tahapan analisis menggunakan rekaman, lalu ditranskipsikan, kemudian dikelompok menurut jenisnya. Setelah itu, data dipaparkan kemudian mengambil kesimpulan akhir. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa prinsip kesantunan yang digunakan dalam diskusi pada pembelajaran bahasa indonesia khususnya pada kelas X.1, X.3, X.7 SMA Negeri 1 Sibolga terdapat 94 tuturan. Yang terdiri dari maksim kearifan sebanyak 27 tuturan, maksim kedermawanan sebanyak 5 tuturan, maksim pujian sebanyak 8 tuturan, maksim kesepakatan sebanyak 36 tuturan, dan maksim pujian sebanyak 3 tuturan. Kesantunan berbahasa dalam diskusi pada pembelajaran bahasa indonesia masih tergolong kurang santun. Prinsip kesantunan digunakan untuk mengetahui tingkat kesantunan siswa dalam diskusi. Prinsip kesantunan dalam diskusi memiliki relevansi pada pembelajaran bahasa, dengan menerapkan prinsip kesantunan dalam pembelajaran bahasa siswa akan lebih santun dalam berbicara.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHadi, Wisman197802012003121003
Thesis advisorMahriyuni, 196406021992032002
Call Number: 410.071 2 Hut k
Keywords: Pragmatik; Kerja sama; Kesantunan; Diskusi; Pembelajaran bahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P201 Comparative grammar
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 07 Mar 2017 08:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23616

Actions (login required)

View Item View Item