PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACAKAN PUISI OLEH SISWA SMP NEGERI 1 JORLANGHATARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010

Azmi, Aina Maulia (2010) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACAKAN PUISI OLEH SISWA SMP NEGERI 1 JORLANGHATARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COMPER.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstarkvirgo 1.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran kemampuan menceritakan kembali cerita anak yang dibaca dengan menggunakan teknik skrip kooperatif dan teknik ekspositori. Teknik pembelajaran mana yang lebih efektif antara teknik skrip kooperatif dan teknik ekspositori dalam meningkatkan hasil belajar kemampuan menceritakan kembali cerita anak yang dibaca. Lokasi penelitian ini adalah MTS-Husayeni Pangkalan Brandan Tahun Pelajaran 2011/2012. Populasi adalah siswa kelas VII MTS-Husayeni yang berjumlah ... orang. Dari populasi ditetapkan sampel sebanyak 80 orang, yakni kelas VII-1 dan VII-2 masing-masing 40 orang. Kemudian kelas VII-1 ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan instrumen penelitian tes kemampuan menceritakan kembali cerita anak yang dibaca yang diujikan sebanyak 1 (satu) kali. Harga skor variabel X (kelompok eksperimen) dan variabel Y (kelompok kontrol) diperbandingkan satu sama lain dengan menggunakan uji “t”. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa kemampuan untuk menceritakan kembali cerita anak yang dibaca menggunakan teknik skrip kooperatif memperoleh nilai rata-rata 81,75 sedangkan teknik ekspositori memperoleh nilai rata-rata 72,64. Hasil perhitungan uji “t” diperoleh nilai to = 4,85 kemudian dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% dengan dk = (N1 + N2) – 2 diperoleh bahwa to lebih besar dari ttabel yaitu 1,99<4,85> 2,64 sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Hal ini berati bahwa teknik skrip kooperatif lebih baik dibandingkan dengan teknik ekspositori dalam meningkatkan kemampuan menceritakan kembali cerita anak yang dibaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2010 IND
Keywords: Pembelajaran Ekspositori,Cerita Anak,Menceritakan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Mar 2017 07:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23585

Actions (login required)

View Item View Item