HUBUNGAN PENGUASAAN FISIKA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Gustriani, Maria (2017) HUBUNGAN PENGUASAAN FISIKA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MEKANIKA TEKNIK PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5123311017 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5123311017 APPROVALSHEET.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5123311017 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5123311017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5123311017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5123311017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5123311017 TABLE.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5123311017 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5123311017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5123311017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5123311017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) adanya Hubungan yang positif dan berarti antara Penguasaan Fisika Terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik. 2) Adanya Hubungan yang positif dan berarti antara Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik. 3) Adanya Hubungan yang positif dan berarti antara Penguasaan Fisika dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik. Instrument penelitian terlebih dahulu diuji cobakan, dilanjutkan dengan uji validitas, dan reliabilitas. 1) Hasil uji coba tes Penguasaan Fisika diperoleh 32 butir soal dari 40 butir soal yang diuji cobakan dengan koefisien reliabilitas = 0,867 dan termasuk kategori sangat tinggi. 2) Hasil uji coba angket Disiplin Belajar 26 butir soal dari 31 butir soal yang diuji cobakan dengan koefisien reliabilitas = 0,902 dan termasuk kategori sangat tinggi. 3) Hasil uji coba tes Hasil Belajar Mekanik Teknik 19 butir soal dari 30 butir soal yang diuji cobakan dengan koefisien reliabilitas = 0,828 dan termasuk kategori sangat tinggi. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: 1) Terdapat Hubungan yang positif dan berarti antara Penguasaan Fisika terhadap hasil belajar Mekanika Teknik dengan besar korelasi rx1y = 0,539 > rtabel = 0,334 dan thitung = 3,674 > ttabel = 1,692 dan korelasi parsial diperoleh rxy12 = 0,507 > rtabel = 0,334 dan thitung = 3,331 > ttabel= 1,692. 2) Terdapat Hubungan yang positif dan berarti antara Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik dengan besar korelasi rx2y = 0,729 > rtabel = 0,334 dan thitung = 6,110 > ttabel = 1,692 dan dari korelasi parsial diperoleh rxy21 = 0,714 > rtabel = 0,334 dan thitung = 5,761 > ttabel = 1,692. 3) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Penguasaan Fisika dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik dengan besar korelasi ganda diperoleh rhitung > rtabel, Rxy = 0,651 > 0,334. Dengan demikian Penguasaan Fisika dan Disiplin Belajar Mempunyai Hubungan yang positif dan berarti terhadap Hasil Belajar Mekanika Teknik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSianipar, Juanda1954061819850301001
Call Number: SK-BAN 020
Keywords: Penguasaan Fisika, Disiplin belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ181 Mechanical movements
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Mar 2017 02:43
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23565

Actions (login required)

View Item View Item