PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B DI TK ABA 01 CABANG MEDAN T.A. 2016/2017

Nurhidayati, (2017) PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B DI TK ABA 01 CABANG MEDAN T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 1123113016 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 1123113016 PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 1123113016 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 1123113016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 1123113016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 1123113016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 1123113016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 1123113016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 1123113016 BAB I.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 1123113016 BAB V.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 1123113016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Kreativitas anak kurang berkembang secara optimal khususnya pada saat kegiatan menggambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sekitar terhadap kreativitas anak kelompok B di TK ABA 01 Cabang Medan T.A.2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desin penelitian Posttest-Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, yaitu memilih sampel dengan cara acak. Cara acak/random dilakukan karena populasi anaknya di setiap kelas memiliki karakteristik yang sama dari segi usia yaitu TK B (5-6 Tahun). Untuk kelas eksperimen 15 orang anak dengan menggunakan pemanfaatan lingkungan sekitar, dan kelas kontrol 15 orang anak menggunakan sumber belajar di dalam kelas. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan pemanfaatan lingkungan sekitar berpengaruh signifikan terhadap kreativitas anak yaitu hasil uji hipotesis diketahui t-hitung > dari t-tabel yaitu 10,58> 1,701. Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan pemanfaatan lingkungan sekitar terhadap kreativitas anak Kelompok B Di TK ABA 01 Cabang Medan Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMarbun, Sariana196103271986012002
Call Number: SK-2017 PAUD 001
Keywords: Kreativitas; Anak usia dini; Lingkungan belajar; Sumber belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 03 Mar 2017 09:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23558

Actions (login required)

View Item View Item