PENGARUH METODE LATIHAN (DRILL) TERHADAP HASIL PRAKTEK PEMANGKASAN RAMBUT DASAR (OVAL) SISWA KELAS XI SMK NEGERI 10 MEDAN

Purba, Jenny Elisabeth (2017) PENGARUH METODE LATIHAN (DRILL) TERHADAP HASIL PRAKTEK PEMANGKASAN RAMBUT DASAR (OVAL) SISWA KELAS XI SMK NEGERI 10 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
5123344014 COVER.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5123344014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5123344014 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5123344014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5123344014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5123344014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5123344014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5123344014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5123344014 BAB I.pdf - Published Version

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5123344014 BAB V.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5123344014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil praktek pemangkasan rambut dasar (oval) denganmenggunakan Metode Pembelajaran Latihan (Drill) pada siswa kelas XI di SMK Negeri 10 Medan.Untuk mengetahui hasil praktek pemangkasan rambut dasar (oval) tanpa menggunakan Metode Pembelajaran Latihan (Drill) pada siswa kelas XI di SMK Negeri 10 Medan. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh Metode Pembelajaran Latihan (Drill) terhadap hasil praktek pemangkasan rambut dasar (oval) pada siswa kelas XI di SMK Negeri 10 Medan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 67 orang yang berada dikelas XI tata kecantikan SMK Negeri 10 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Kelas XI Tata Kecantikan A sebagai kelas eksperimen sebanyak 32 siswa dan kelas XI Tata Kecantikan B sebagai kelas kontrol sebanyak 35 siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar pengamatan untuk melihat hasil belajar pemangkasan rambut dasar (oval). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data parametrik yaitu uji t dua pihak dengan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil uji normalitas data kelas eksperimen diperoleh nilai L_o=0,1060<L_tabel=0,1566. Sedagkan hasil uji normalitas data kelas kontrol diperoleh nilai L_o=0,0798<L_tabel=0,1498. Kedua data terdistribusi secara normal. Berdasarkan hasil uji homogenitas diperoleh F_tabel=1,79>F_hitung=1,21 sehingga varians kedua kelas dalah homogen. Hasil dari penelitian ini adalah hasil praktek pemangkasan rambut dasar (oval) dengan menggunakan metode pembelajaran latihan (drill) berada pada kategori tingggi. Hasil praktek pemangkasan rambut dasar (oval) tanpa menggunakan metode pembelajaran latihan (drill) berada pada kategori cukup. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh t_hitung=10,78 dan t_tabel=2,00 dengan α=0,05 dan derajat kebebasan 65 sehingga t_hitung<t_tabel maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh penggunaan Metode Pembelajaran Latihan (Drill) terhadap Hasil Praktek pemangkasan rambut dasar (oval) kelas XI SMK Negeri 10 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPurba, Rasita195807191985032002
Call Number: SK-2017 RIAS 024
Keywords: Metode pembelajaran; Metode latihan; Hasil belajar; Pemangkasan rambut; Oval
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 Mar 2017 04:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23485

Actions (login required)

View Item View Item