PERBEDAAN HASIL BELAJAR PRAKTEK KERJA BATU ANTARA METODE PEMBELAJARAN SIMULASI DAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BALIGE PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BATU BETON

Sitanggang, Chuksen (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PRAKTEK KERJA BATU ANTARA METODE PEMBELAJARAN SIMULASI DAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BALIGE PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI BATU BETON. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 5103111009 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 5103111009 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 5103111009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 5103111009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 5103111009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 5103111009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 5103111009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 5103111009 DAFTAR SINGKATAN.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 5103111009 DAFTAR BAHASA ASING.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 5103111009 BAB I.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. 5103111009 BAB V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. 5103111009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar praktek kerja batu siswa kelas XI SMK Negeri 1 Balige Tahun Ajaran 2016/2017 yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran simulasi dan metode pembelajaran demonstrasi. Sampel penelitian ini adalah sebagian siswa kelas XI Jurusan Teknik Bangunan di SMK Negeri 1 Balige yang diambil secara acak pada kelas dengan undian sehingga didapat, Kelas XI Batu dan Beton Kel. A sebagai kelas Simulasi dengan jumlah siswa 20 orang dan Kelas XI Batu dan Beton Kel. B sebagai kelas Demonstrasi dengan jumlah siswa 20 orang. Jadi total subjek yang diteliti adalah sebanyak 40 orang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental dimana yang diteliti hanya hasil post-test praktek batu. Adapun instrumen penelitian ini adalah job sheet yang telah mengandung langkah-langkah untuk melakukan praktek. Dalam pengumpulan data, digunakan tes hasil belajar berupa tes praktek yang disusun oleh peneliti dan disetujui guru mata pelajaran dan dosen pembimbing. Dalam uji normalitas post-test pada kedua kelas diperoleh bahwa Lhitung<Ltabel, sehingga distribusi dinyatakan normal. Pada uji Homogenitas data post-test menunjukkan Fhitung = 1,87 < FTabel = 4,096, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kedua kelas memiliki varians yang sama atau Homogen. Pada uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh bahwa, setelah kelas simulasi dikenai pembelajaran metode simulasi dan kelas demonstrasi dengan metode demonstrasi, nilai thitung dikonsultasikan dengan ttabel pada dk = 38 dan α = 0,05, diperoleh harga ttabel = 2,0588, berarti thitung = 4,88866 > ttabel = 2,0588, maka dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar praktek kerja batu antara siswa kelas XI program keahlian konstruksi batu dan beton SMK Negeri 1 Balige Tahun Ajaran 2016/2017 yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran simulasi dengan metode pembelajaran demonstrasi. Rerata peningkatan hasil belajar mata diklat praktek kerja batu yang menggunakan metode pembelajaran simulasi pada siswa kelas XI program keahlian konstruksi batu dan beton SMK Negeri 1 Balige Tahun Ajaran 2016/2017 lebih tinggi dibandingkan dengan metode pembelajaran demonstrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorButar-butar, Ronald195711121981031007
Call Number: SK-2017 BAN 015
Keywords: Metode simulasi; Metode demonstrasi; Variabel
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TH Building construction
T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings
T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Mar 2017 08:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23429

Actions (login required)

View Item View Item