PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR ILMU BANGUNAN GEDUNG SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR

Simorangkir, Harry B (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR ILMU BANGUNAN GEDUNG SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5113111015 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5113111015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5113111015 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5113111015 PREFACE.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5113111015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5113111015 TABLES.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5113111015 ILLUSTRATIONS.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5113111015 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 5113111015 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5113111015 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5113111015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar Ilmu Bangunan Gedung siswa kelas X program keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Pematangsiantar melalui model pembelajaran Collaborative Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Pematangsiantar Kota Pematangsiantar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton dengan jumlah sebanyak 30 siswa. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu di uji cobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji validitas butir tes digunakan rumus korelasi biseral. Uji reliabilitas digunakan rumus KR-20. Instrumen tes hasil belajar Ilmu Bangunan Gedung pada siklus I diperoleh 21 butir dari 25 butir tes yang diuji cobakan dengan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,60. Pada siklus II diperoleh 20 butir dari 25 butir tes yang diuji cobakan dengan koefisien reliabilitasnya 0,42. Dari data angket minat siswa menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hal ini dapat dilihat pada siklus I yang mendapat nilai dalam kategori baik sebanyak 3 siswa (10%), kategori cukup sebanyak 17 siswa (56,67%), kategori kurang baik sebanyak 10 siswa (33,33%) dan kategori tidak baik tidak ada(0%). Sedangkan pada siklus II yang mendapat nilai kategori baik sebanyak 12 siswa (40%), kategori cukup sebanyak 18 siswa (60%), kategori kurang baik dan tidak baik tidak ada. Dari data hasil belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hai ini dapat dilihat pada siklus I yang mendapat nilai dalam kategori sangat kompeten tidak ada (0%), kategori kompeten sebanyak 5 siswa (16,67%), kategori cukup kompeten sebanyak 25 siswa (83,33%) dan kategori tidak kompeten tidak ada. Sedangkan pada siklus II yang mendapat nilai dalam kategori sangat kompeten sebanyak 16 siswa (53,33%), kategori kompeten sebanyak 12 siswa (40%), kategori cukup kompeten sebanyak 2 siswa (6,67%). Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Collaborative Learning dapat: 1) Meningkatkan minat belajar Ilmu Bangunan Gedung siswa kelas X program keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Pematangsiantar, 2) Meningkatkan hasil belajar Ilmu Bangunan Gedung siswa kelas X program keahlian Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMK Negeri 2 Pematangsiantar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTambunan, Iskandar195408031983031002
Call Number: SK-2017 BAN 018
Keywords: Model collaborative learning; Minat siswa; Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TH Building construction > TH3301 Maintenance and repair
T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Mar 2017 08:11
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23428

Actions (login required)

View Item View Item