PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONTRUKSI KAYU SMK NEGERI 1 BENER MERIAH

Yasri (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR ILMU BAHAN BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN KONTRUKSI KAYU SMK NEGERI 1 BENER MERIAH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.-NIM.-5111511015-COVER.pdf]
Preview
Text
1.-NIM.-5111511015-COVER.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 2.-NIM.-5123111013-APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.-NIM.-5123111013-APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[thumbnail of 3.-NIM.-5111511015-ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3.-NIM.-5111511015-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 4.-NIM.-5111511015-PREFACE.pdf]
Preview
Text
4.-NIM.-5111511015-PREFACE.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[thumbnail of 5.-NIM.-5111511015.-TABLE-OF-CONTENT.pdf]
Preview
Text
5.-NIM.-5111511015.-TABLE-OF-CONTENT.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 6.-NIM.-5111511015.-TABLE.pdf]
Preview
Text
6.-NIM.-5111511015.-TABLE.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 7.-NIM.-5111511015.-ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7.-NIM.-5111511015.-ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 8.-NIM.-5111511015.-APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8.-NIM.-5111511015.-APPENDICES.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 9.-NIM.-5111511015.-CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9.-NIM.-5111511015.-CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (760kB) | Preview
[thumbnail of 13.-NIM.-5111511015.-CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13.-NIM.-5111511015.-CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of 14.-NIM.-5111511015.-BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14.-NIM.-5111511015.-BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model Group Investigation (Gi) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan pada kompetensi dasar memahami Ilmu Bahan Bangunan Kayu pada siswa kelas X Teknik Kontruksi Kayu SMK Negeri 1 Bener Meriah. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa aktivitas dan hasil belajar Ilmu Bahan Bangunan dengan menggunakan model Group Investigation (Gi) pada kompetensi dasar Memahami Bahan Bangunan Kayu pada siswa kelas X Teknik Kontruksi Kayu SMK Negeri 1 Bener Meriah dengan subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sebanyak 28 orang siswa.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dimana dalam setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil uji coba instrumen penelitian dari 30 butir soal pada siklus I terdapat 25 butir soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 6 butir soal mudah dan 17 butir soal sedang, dan 2 soal dalam kategori sulit, uji daya pembeda tes didapat 4 butir soal cukup, 17 soal baik, 2 butir soal buruk, dan 2 butir soal baik sekali. Uji reliabilitas tes didapat 0,88 (Sangat tinggi). Pada siklus II dari 30 butir soal diperoleh 25 butir soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat 11 butir soal mudah dan 14 soal sedang, uji daya pembeda tes didapat 2 butir soal cukup, 16 butir soal baik, dan baik sekali 7 butir soal. Uji reliabilitas tes didapat 0,90 (sangat tinggi). Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan rata-rata kumulatif hasil belajar siswa memperoleh nilai minimal 75 dan tuntas secara klasikal jika seluruh kelas 85 % siswanya tuntas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I dapat dikategorikan tuntas sebanyak 20 orang dengan persentase 71,43 % dan tidak tuntas sebanyak 8 orang dengan persentase 28,57 %, kemudian meningkat pada siklus II menjadi kategori tuntas sebanyak 26 orang dengan persentase 92,86 % dan tidak tuntas sebanyak 2 orang dengan persentase 7,14 %. Hasil tersebut menunjukkan persentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 21,43 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Bahan Bangunan kompetensi dasar Memahami Bahan Bangunan Kayu pada siswa kelas X Teknik Kontruksi Kayu SMK Negeri 1 Bener Meriah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BAN 011
Keywords: Model pembelajaran; Aktivitas belajar; Hasil belajar; Ilmu bahan bangunan; Group investigation
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TH Building construction
T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Feb 2017 03:14
Last Modified: 27 Feb 2017 03:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23272

Actions (login required)

View Item
View Item