PENGARUH MEDIA VIDEO KLIP KISAH KASIH DI SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Siregar, Indah Fitriani (2017) PENGARUH MEDIA VIDEO KLIP KISAH KASIH DI SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2113111039_COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2113111039_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2113111039_ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2113111039_PREFACE.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2113111039_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2113111039_TABLE OF TABLES.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2113111039_ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2113111039_APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 2113111039_CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2113111039_CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 2113111039_BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media video klip kisah kasih di sekolah dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan yang berjumlah 473 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling (acak kelas) yaitu kelas X IS 2 yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model one group pre-test post-test design. Dari pengolahan data diperoleh hasil menulis cerpen sebelum menggunakan media video klip kisah kasih di sekolah dan hasil kemampuan menulis cerpen setelah menggunakan media video klip kisah kasih di sekolah. Adapun nilai rata-rata hasil pre-test sebelum menggunakan media video klip kisah kasih di sekolah = 64,37, standar deviasi=9,81 dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 0%, kategori baik sebanyak 40,625%, kategori cukup sebanyak 43,75%, dan kategori kurang 15,625%. Dari hasil uji data diketahui keduanya berdistribusi normal. Sedangkan nilai rata-rata hasil post-test setelah menggunakan media video klip kisah kasih di sekolah =78,75, standar deviasi=10,39, dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 34,375%, kategori baik sebanyak 53,125% dan kategori cukup sebanyak 12,5%. Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh t0 sebesar 5,63, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasn 5% dengan dk= (N-1) = (32-1) = 31. Dari dk =31 diperoleh taraf signifikan 5% harga ttabel sebesar=2,04. Oleh karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 5,63>2,04 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti yang empirik bahwa prestasi belajar siswa yang diterapkan dengan menggunakan media video klip kisah kasih di sekolah berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan menulis cerpen oleh siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, M.Joharis196202121990031003
Call Number: SK-2017 IND 019
Keywords: media video klip kisah kasih di sekolah, menulis cerpen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 27 Feb 2017 02:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23258

Actions (login required)

View Item View Item